Jumat 25 Aug 2017 23:03 WIB

Menang Dramatis, Indonesia Tantang Filipina di Final Basket

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Logo SEA Games 2017
Foto: Republika
Logo SEA Games 2017

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Laga menegangkan tersaji dalam babak semifinal cabang bola basket putra yang mempertemukan Indonesia melawan Thailand di MABA Stadium pada Jumat (25/8) malam. Indonesia akhirnya keluar sebagai pemenang dengan skor 79-74 (36-29). 

Hasil ini membuat Indonesia lolos ke final dan akan menghadapi juara bertahan Filipina. Laga puncak akan berlangsung di tempat yang sama pada Sabtu (26/8).

Pertandingan menarik sudah terjadi sejak awal permainan, Indonesia yang menurunkan starting five, Mario Wuysang, Arki Dikania Wisnu, Diftha Pratama, Kevin Jonas Sitorus dan Christian Ronaldo Sitepu, tertinggal 12-17 di kuarter pertama. Namun Arki dkk dapat membalikan keadaan menjadi 36-29 di akhir kuarter dua.

Kuarter tiga Indonesia masih unggul dalam pengumpulan angka, wwalau hanya berbeda satu angka  yakni 24 berbanding 23. Sehingga akhir kuarter tiga ini masih milik Indonesia dengan skor 60-52.  

Namun memasuki kuarter akhir ketegangan mulai terjadi, dalam waktu hamper 3 menit Indonesia belum berhasil mencetak angka sebaliknya, Thailand yang dimotori Tyler Lamb berhasil mencetak 9 angka, sehingga berbalik unggul 61-60.

Bahkan Thailand sempat unggul 67-62, namun ketika pertandingan menyisakan  2 menit berbalik Indonesia ungguk 71-69. Thailand kembali memimpin 74-73 saat pertandingan tersisa satu menit 26 detik. Namun setelah itu Arki yang bermain cerdik mampu membawa timnya membalikan keadaan menjadi 75-74. Indonesia kemudian menambah dua angka lagi lewat tembakan bebas Hardianus Lakudu yang membuat skor akhir 79-74.

Mario Wuysang menjadi penyumbang angka terbanyak bagi Indonesia dengan 15 angka, diikuti Arki 13, Andakara Prastawa Dhyaksa 12 dan Sandy Febiansyakh 10. Sedangkan di kubu Thailand, Tyler Lamb mendominasi dengan 26 angka.

Sebenarnya dilihat dari filed Goal Indonesia masih dibawah Thailand, karena Indonesia menang rebound 49 berbanding 42, membuat percobaan Indonesia lebih banyak yakni 79 kali, sebaliknya Thailand hanya 57 kali percobaan.

Thailand juga buruk dalam hal turn over, tercatat 28 kali, sedangkan Indonesia 28 kali kesalahan ini menguntungkan Indonesia, yang mamou menkonversi menjadi 29 angka akibat kesalahan lawan, sedangkan Thailand hanya mencetak 18 angka dari kesalahan operan pemain Indonesia.

Hasil ini membuat Indonesia kembali tampil di Final SEA Games. Dan akan menantang unggulan pertama Filipina yang di semifinal mengalahkan Singapura 60-68. Ini meruoakan ulangan final dua tahun lalu, di mana ketika itu Indonesia harus puas dengan medali perak. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement