Jumat 25 Aug 2017 20:00 WIB

Tontowi/Liliyana Menangi Laga Ketat Lawan Pasangan Muda Cina

Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir
Foto: Humas PBSI
Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir

REPUBLIKA.CO.ID, GLASGOW -- Indonesia mengirimkan satu wakilnya di sektor ganda campuran ke babak semifinal turnamen Kejuaraan Dunia BWF 2017 melalui unggulan tiga, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Di babak perempat final, Tontowi/Liliyana mengalahkan pasangan muda Cina unggulan 13, Wang Yilyu/Huang Dongping, Jumat (25/8).

Awal gim pertama, terjadi pertandingan yang ketat antara kedua pasangan. Saling mengejar angka terjadi hingga kedudukan 4-4. Setelahnya Tontowi/Liliyana sempat unggul dengan 11-8 dan 16-11.

Namun Wang/Huang mampu mengejar ketertinggalan dengan 16-15 dan menyamakan kedudukan dengan 18-18 dan 19-19. Wang/Huang juga menyalip di angka-angka kritis dan mencuri gim pertama dengan 19-21.

Sejak 3-3 di gim kedua, Wang/Huang sempat memimpin dengan 3-5 dan 4-6. Tontowi/Liliyana mampu membalikkan keadaan dengan 9-6 dan 11-8 di paruh gim. Tontowi/Liliyana terus melakukan serangan, sebaliknya Wang/Huang malah kerap melakukan kesalahan sendiri. Tontowi/Liliyana meraih gim kedua dengan 21-15.

Dominasi permainan Tontowi/Liliyana terus dilanjutkan di gim ketiga yang menentukan. Tontowi/Liliyana memimpin dengan 9-2 dan 11-7. Usai jeda, Wang/Huang berupaya berbalik serang pertahanan Tontowi/Liliyana. Wang/Huang juga beberapa kali memprotes keputusan hakim garis yang dianggap menguntungkan Tontowi/Liliyana.

Wasit pun memberikan kartu kuning kepada pasangan Wang/Huang saat kedudukan 16-12 dengan keunggulan Tontowi/Liliyana. Namun kejadian ini malah membuat Tontowi/Liliyana sempat hilang fokus. Wang/Huang malah mampu berbalik unggul dengan 16-17.

Untungnya Tontowi/Liliyana bisa kembali fokus. Dengan servis di tangan Liliyana, pasangan ini mampu menyentuh match point terlebih dulu dengan 20-17. Wang/Huang sempat mencuri satu angka, tapi Tontowi/Liliyana mampu menyempurnakan kemenangan dengan 21-18 melalui smes Liliyana ke arah badan Huang Dongping.

Di babak semifinal, Tontowi/Liliyana akan melawan unggulan 10 dari Hong Kong, Lee Chun Hei Reginald/Chau Hoi Wah yang secara mengejutkan mengalahkan unggulan dua dari Cina, Lu Kai/Huang Yaqiong di perempat final.

Indonesia masih memiliki tiga wakil lainnya di babak perempat final yang belum bertanding. Satu wakil di ganda campuran lainnya adalah Praveen Jordan/Debby Susanto. Dua wakil di ganda putra adalah unggulan tiga Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Gideon Fernaldi dan Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputra.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement