Wednesday, 30 Ramadhan 1442 / 12 May 2021

Wednesday, 30 Ramadhan 1442 / 12 May 2021

Penderita Psoriasis Perlu Lakukan Ini Setiap Hari

Jumat 18 Aug 2017 11:21 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Esthi Maharani

Psoriasis of palms (illustration)

Psoriasis of palms (illustration)

Foto: En.wikipedia.org

REPUBLIKA.CO.ID, Kondisi kulit yang tampak kurang baik membuat sebagian penderita psoriasis memilih untuk menyembunyikan diri di dalam kamar atau di balik pakaian panjang. Hal ini membuat mereka jarang mendapatkan paparan sinar matahari, khususnya paparan ultraviolet B (UVB). Padahal paparan sinar UVB dapat memberi efek positif terhadap kulit penderita psoriasis.

"Psoriasis itu salah satu obatnya adalah dengan penyinaran ultraviolet B (UVB)," ungkap ungkap spesialis kulit dan kelamin dari Rumah Sakit Dharmais dr Danang Tri Wahyudi SpKK(K) dalam diskusi media bersama Novartis di Westin Hotel, Jakarta.

Danang menyarankan penderita psoriasis untuk berjemur di bawah paparan sinar matahari setiap hari. Waktu berjemur yang optimal ialah pada pukul 11.00 WIB hingga 14.00 WIB. Alasannya, pada waktu tersebut paparan UVB dari matahari memasuki tahap paling optimal.

Akan tetapi, penderita psoriasis boleh berjemur kapan pun sesuai dengan kemampuan masing-masing. Jika penderita psoriasis memilih berjemur di pagi hari, maka durasi berjemur yang disarankan adalah 10-15 menit. Sedangkan pada jam optimal (11.00-14.00 WIB), waktu yang dibutuhkan untuk berjemur hanya lima menit.

"Disempatkan untuk berjemur, kapanpun itu," sambung Danang.

Dalam hal ini, Danang juga mengimbau peran keluarga dan orang terdekat penderita psoriasis untuk menumbuhkan rasa percaya diri si penderita. Dengan begitu, penderita psoriasis akan lebih nyaman dan percaya diri untuk tampil di muka publik tanpa harus menutupi kulit mereka.

"Bantu dia untuk lebih percaya dia supaya dia memakai lengan pendek. Jangan ditutupi supaya dia kena matahari," kata Danang.

Meski begitu, Danang juga menggarisbawahi bahwa kondisi penyakit psoriasis tidak selalu sama antara satu pasien dan pasien lainnya. Sebagian pasien, lanjut Danang, justru bisa mengalami flare up jika terpapar sinar matahari. Pada pasien psoriasis yang seperti ini, disarankan untuk tidak mendapatkan paparan sinar matahari.

"Kalau kena matahari dia flare, ya jangan kena matahari. Tapi secara umum, dengan matahari itu baik," jelas Danang.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA