Selasa 15 Aug 2017 19:01 WIB

Saddil Diharapkan Tampil Sebaik Saat Melawan Mongolia

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Andri Saubani
Saddil Ramdani (kanan)
Foto: ANTARA FOTO/Umarul Faruq
Saddil Ramdani (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gelandang sayap kanan Saddil Ramdani sepertinya menjadi salah satu pemain yang diandalkan pelatih Luis Milla Aspas di pertandingan skuat Garuda Indonesia melawan Thailand. Kedua kesebelasan negara tersebut, akan kembali bertemu di laga perdana babak penyisihan Grup B SEA Games 2017 di stadion Shah Alam, Kuala Lumpur, Malaysia, pada Selasa (15/8).

Milla, pantas memainkan Saddil di laga perdana kali ini, melihat reputasi baik pemain 18 tahun tersebut saat kualifikasi Piala Asia U-23 2018 di Bangkok, akhir bulan lalu. Pemain milik Persela Lamongan tersebut, punya catatan gemilang sebagai pemecah kebuntuan skuat Merah Putih usai kandas 0-3 dari Malaysia dalam gelaran tersebut.

Dalam pertandingan pertama kualfikasi dari Grup H, ketika itu Saddil memang tak dimainkan. Tetapi, saat putaran kedua melawan skuat dari Mongolia, Saddil pantas disebut sebagai pemain mapan dalam laga tersebut. Ketika itu, Milla memasangnya sebagai gelandang serang kiri, menggantikan Septian David Maulana yang kurang tajam saat melawan Malaysia.

Milla, menukar posisi David, menjadi gelandang serang kanan. Sementara di lini kiri serangan, hadir Saddil yang turun lapangan sejak menit pertama melawan Mongolia. Sementara di gelandang serang tengah, Milla memasang Marinus Margiyanto Manewar. Hasilnya, trisula serang tersebut mampu digdaya atas Mongolia dengan skor telak 7-0.

Saddil menjadi pembuka gol dalam laga tersebut pada menit ke-17. Aksinya, pun terbilang mampu membuat lini pertahanan lawan kocar-kacir. Beberapa kali umpan matangnya ke pemain kawan lainnya, juga baik membuahkan gol. Saddil, diistirahatkan Milla pada menit ke-59 babak kedua, dengan mamainkan Yabes Roni sebagai pengganti.

Namun, sebelum pelatih dari Spanyol itu menarik keluar Saddil, pada menit ke-56, namanya kembali hadir di papan skor mencetak gol ke-4 milik skuat Garuda. Tetapi sayang, saat putaran final penyisihan Grup H ketika itu, Milla kembali membangkucadangkan Saddil saat melawan Thailand.

Saat tim Garuda melawan skuat Gajah Perang di stadion Suphacalasai ketika itu, Milla memasang Febri Haryadi sebagai gelandang serang menggantikan posisi Saddil yang bermain baik saat melawan Mongolia. Milla, ketika itu punya alasan mengapa membangkucadangkan Saddil saat itu.

Menurut dia, dirinya sengaja menyimpan sejumlah pemain seperti Saddil dan Manewar untuk dimainkan pada babak kedua. Pada babak pertama pertandingan tersebut, skor memang imbang 0-0. Pada menit kedua, Milla, baru pada menit ke-72 memainkan Saddil untuk menggantikan Yabes sebagai pengisi gelandang serang di tengah.

Adanya Manewar dan Saddil, ditambah Febri di lini depan serangan timnas ketika itu, sebetulnya ampuh membuat perlawanan. Beberapa kali aksi trisula serang timnas pada 15 menit terakhir sebelum pertandingan usai, membuat lini pertahanan dan gawang Thailand terancam. Tetapi, keberuntungan memang belum memihak ketika itu.

Skor akhir pertandingan saat itu, berakhir imbang tanpa gol atau 0-0. Hasil tersebut, membuat timnas tersingkir dari kualifikasi. Sedangkan Thailand, selamat dengan berhasi lolos ke putaran final Piala Asia U-23, lantaran statusnya sebagai tuan rumah kualifikasi.

Pada laga kontra Thailand kali ini, tentunya Milla punya gambaran terang untuk kembali memainkan Saddil dari awal pertandingan. Saat ini, Milla punya tiga striker yang diboyong ke Malaysia selama gelaran SEA Games. Ada Ezra Walian, dan Yabes serta Manewar. Dan Saddil, diharapkan bisa bermain sebagai gelandang serang sayap, menemani salah satu striker tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement