Tuesday, 16 Rajab 1444 / 07 February 2023

Persediaan Hewan Kurban di Palangka Raya Mencukupi

Selasa 15 Aug 2017 15:28 WIB

Red: Ilham Tirta

Hewan kurban. (Ilustrasi).

Hewan kurban. (Ilustrasi).

Foto: Yusran Uccang/Antara

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Palangka Raya, Ikhwansyah memastikan ketersediaan hewan kurban mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada Hari Idul Adha 1438 Hijriah. "Kami telah berkoordinasi dengan pihak terkait dan kami pastikan jumlah kurban baik sapi maupun kambing cukup untuk keperluan kurban tahun ini," katanya di Palangka Raya, Selasa (15/8).

Dia menerangkan, sebagian besar hewan kurban tersebut didatangkan dari luar kota karena produksi daerah hanya mencakup sekita lima persen dari total keperluan selama Idul Adha. Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Verteriner DKPP, Sumardi menerangkan, saat ini tercatat ketersediaan sapi untuk kurban mencapai 900 ekor dan kambing 300 ekor.

Dia mengatakan, jumlah persediaan hewan kurban yang disediakan pedagang di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah itupun dari tahun ke tahun terus meningkat. Berdasarkan data, pada 2013 tercatat persediaan sapi di Palangka Raya adalah 842 ekor. Pada 2014 persediaan mencapai 867. Sedangkan pada 2015 tercatat para pedagang di "Kota Cantik" itu menyediakan 865 sapi dan 281 kambing kurban.

"Peningkatan penyediaan hewan kurban ini dimungkinkan juga karena permintaan masyarakat bertambah. Setiap tahun semakin banyak warga yang turut berkurban," katanya.

Dia menambahkan, saat ini pihaknya juga telah menyiapkan tim pemeriksaan kesehatan dan kelayakan hewan kurban yang nantinya akan dimulai pada H-10 Idul Adha. Pihaknya pun mengimbau agar masyarakat yang akan berkurban tidak risau kekurangan stok hewan kurban.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA