Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

Adhyaksa Sampaikan Makna Raimuna ke Jokowi

Jumat 11 Aug 2017 17:48 WIB

Red: Hazliansyah

Ketua Kwarnas Pramuka Adhyaksa Dault memberikan keterangan pers usai bertemu Presiden Joko Widodo, Kamis (10/8).

Ketua Kwarnas Pramuka Adhyaksa Dault memberikan keterangan pers usai bertemu Presiden Joko Widodo, Kamis (10/8).

Foto: Debbie Sutrisno/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault menemui Presiden Joko Widodo, Kamis (10/8) kemarin. Dalam pertemuan tersebut Adhyaksa menyampaikan rencana pelaksanaan Raimuna Nasional XI Gerakan Pramuka yang akan berlangsung pada 13-21 Agustus 2017, di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta.

Kegiatan akan dihadiri 15.000 Pramuka usia 17-25 tahun dari 34 Provinsi dan 514 Kota/Kabupaten se-NKRI.

Dalam kesempatan itu Adhyaksa menyampaikan makna dari penyelenggaraan Raimuna. Raimuna berasal dari bahasa Ambai, Yapen, Papua. Rai berarti sekelompok orang dan muna adalah daya kekuatan yang berpengaruh baik dalam mencapai keberhasilan.

"Raimuna berarti sekelompok orang yang tengah berkumpul bersama, dengan segala daya kekuatan yang baik untuk mencapai tujuan bersama," jelas Adhyaksa kepada Presiden Jokowi

Adhyaksa mengatakan, peserta Raimuna Nasional XI adalah Pramuka pilihan di daerahnya yang telah lolos seleksi.

"Mereka jauh-jauh datang dari daerahnya untuk melihat langsung Indonesia dengan indahnya kebhinekaanya. Menariknya, seluruh panitia Raimuna ini adalah anak-anak muda yang usianya relatif sama dengan peserta," tambah Adhyaksa.

Dalam pertemuan tersebut, Adhyaksa Dault juga memperkenalkan Yudha sebagai Ketua Dewan Kerja Nasional dan Roby Zulfandi sebagai Presiden Raimuna Nasional. Mereka berdua bertanggungjawab terhadap tercapainya tujuan-tujuan dari pertemuan besar lima tahunan ini.

Sementara itu, Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Slamet Budi Prayitno menyampaikan Raimuna Nasional mengajarkan kepada 15.000 peserta tentang Pancasila, Kebhinekaan dengan kegiatan luar ruangan yang menyenangkan. Seluruh perencanaan dan pelaksanaan dilakukan oleh anak-anak muda, mereka rapat siang malam karena ini kegiatan luar ruangan.

“Setelah Raimuna Nasional, seluruh peserta akan mendapatkan teman baru yang berbeda suku, agama dari seluruh Indonesia. Perkemahan merupakan salah satu kegiatan andalan Pramuka untuk semakin merekatkan NKRI," jelas Budi Prayitno.

Setelah pemaparan, Presiden RI, Joko Widodo menyatakan siap hadir dalam pembukaan Raimuna Nasional XI 2017 Gerakan Pramuka, pada 14 Agustus 2017, pukul 15.00 WIB.

"Saya akan datang lebih awal pada 14 Agustus 2017 ke Cibubur. Selamat Hari Pramuka ke-56, dan mari kita sukseskan Raimuna Nasional Gerakan Pramuka," katanya.

Hadir juga dalam pertemuan bersama Presiden Jokowi, Pratikno (Menteri Sekretaris Negara), Imam Nahrawi (Menpora RI).

Sedangkan dari Kwarnas Gerakan Pramuka hadir Rafli Effendy, Kodrat Pramudho, Budi Prayitno, Hariqo Wibawa Satria, Fatchuddin, Yudha, Robby Zulpandi, Rizky Amanda, dan Sinta Ayu Lestari.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA