Tuesday, 24 Zulhijjah 1442 / 03 August 2021

Tuesday, 24 Zulhijjah 1442 / 03 August 2021

Leiva: Sepak Bola Italia Lebih Rumit Dibandingkan Inggris

Kamis 10 Aug 2017 06:11 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah

Lucas Leiva

Lucas Leiva

Foto: EPA/PETER POWELL

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Gelandang asal Brasil, Lucas Leiva mengakui bahwa permainan sepak bola di tanah Italia jauh lebih taktis dan rumit ketimbang di Inggris. 

"Dalam beberapa pekan terakhir ini saya telah melihat bahwa ada perbedaan dalam cara bagaimana peran playmaker diperlakukan. Di sini lebih taktis," kata Lucas seperti dilansir Football Italia, Kamis (10/8).

Lucas mengawali kariernya bersama klub Brasil, Gremio pada 2005. Dia kemudian pindah ke Liverpool pada 2007. Bersama the Reds Lucas bermain selama satu dekade sebelum akhirnya pindah ke SS Lazio pada musim panas Eropa tahun ini dengan harga 4,85 juta pound

Kini, setelah pindah ke Lazio selama sekitar tiga pekan, Lucas mengaku langsung merasakan betapa berbedanya sepak bola Inggris dan Italia. Di negeri Spaghetti tersebut, setiap klub bermain dengan menggunakan porsi taktik yang besar.

"Saya berbicara secara teratur dengan pelatih dan rekan tim saya. Pengalaman sangat membantu dan saya berharap bisa memahami perbedaan ini dengan cepat," lanjut pesepak bola 30 tahun itu.

Namun demikian, Lucas berharap hal tersebut tidak sampai menghalanginya untuk bisa sukses di Italia. "Saya berharap bisa sukses di sini seperti yang saya lakukan di Inggris. Tantangan saya adalah mendapatkan hasil yang bagus. Kakek saya selalu berbicara tentang Italia, ini adalah kesempatan bagus tidak hanya bermain, tapi juga mengenal budaya baru."

Selama berseragam the Reds, Lucas telah tampil sebanyak 346 pertandingan di semua ajang dengan koleksi tujuh gol dan 21 assist. Dia juga memberikan satu gelar Piala Liga Inggris 2011/2012.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA