Senin 07 Aug 2017 13:10 WIB

Gula Lebih Buruk Bagi Kesehatan Mental Pria

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Gula Lebih Buruk Bagi Kesehatan Mental Pria
Foto: Independent
Gula Lebih Buruk Bagi Kesehatan Mental Pria

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hampir semua pakar kesehatan sepakat jika gula sangat buruk bagi kesehatan. Studi baru menunjukkan jika pria memiliki pengaruh buruk lebih besar dari perempuan ketika mengonsumsi gula.

Pria yang mengonsumi gula terlalu banyak lebih mungkin memiliki gangguan mental 23 persen lebih tinggi daripada perempuan. Gangguan mental itu termasuk kecemasan dan depresi.

Studi tersebut dilakukan University of London Institute of Epidemiology dilakukan selama 22 tahun dengan melibatkan 7000 peserta. Dalam hasil kajiannya, menjelaskan jika 67 gram gula sudah termasuk konsumsi yang banyak. Data mereka pun menunjukkan jika pria di Inggris mengonsumsi 67,8 gram gula per hari bahkan dua kali-lipat. Bahkan pria di Amerika Serikat mengonsumsi hingga 94 gram per hari.

"Ada banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya gangguan suasana hati, namun melakukan diet dengan makanan dan minuman memiliki gula tinggi tidak akan menghancurkan lemak," kata pemimpin penelitian Anika Knuppel dikutip dari Indy100,Senin (7/8).

Meski melihat ada kaitan antara perubahan suasana hati pria dengan konsumsi gula, studi tersebut tidak melihat hal yang sama pada perempuan. Mereka hanya memfokuskan pada pria dan hasil studi tidak tergantung pada faktor-faktor termasuk perilaku kesehatan secara keseluruhan, diet umum, berat badan dan status sosio-demografis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement