Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

In Picture: Mengenang M Natsir, Bapak NKRI

Ahad 06 Aug 2017 23:32 WIB

Rep: Republika, Antara Foto/ Red: Yogi Ardhi Cahyadi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Ketua MPR Republik Indonesia, Zulkifli Hasan, menyebut tokoh bangsa dari Partai Masjumi, Muhammad Natsir, sebagai Bapak Negara Kesatuan Republik Indonedia (NKRI) yang mempersatukan bangsa. Sayangnya, peran beliau melalui Mosi Integral Natsir hampir dilupakan. 

"Padahal inilah yang sering disebut sebagai Proklamasi Kedua untuk menyelamatkan Republik Proklamasi 17 Agustus 1945, tanpa darah yang tumpah dan tanpa pelanggaran konstitusi," ujar Zulkifli dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Sabtu (5/8).

Hari ini Zulkifli menjadi pembicara kunci dalam seminar nasional Mosi Integral M Natsir, Upaya Pemersatu Bangsa di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat. Seminar ini adalah kerja sama Badan Pengkajian MPR dengan Fraksi PAN MPR RI dan Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI). Dia menjelaskan Konferensi Meja Bundar (KMB) menyepakati terbentuknya Republik Indonesia Serikat (RIS). Kesepakatan KMB ini membuat Indonesia terpecah menjadi 16 negara bagian di antaranya negara Pasundan, Madura, dan lainnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA