Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Dampak Buruk Gunakan AC

Ahad 30 Jul 2017 19:43 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani

Pendingin ruangan/ilustrasi

Pendingin ruangan/ilustrasi

Foto: ryezpector-media.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alat pendingin udara atau AC menjadi andalan masyarakat perkotaan untuk membuat ruangan sejuk dan nyaman. Bahkan hampir sepanjang waktu AC selalu digunakan tanpa peduli dampak buruk apa yang akan didapatkan.

Berikut ini tiga konsekuensi berada di ruangan ber-AC.

Kelelahan
Kurangnya udara segar akibat ditutupnya ventilasi untuk pergantian udara akan membuat seseorang merasa lelah. Apalagi,jika sepanjang siang hingga menuju malam hanya dihabiskan di ruangan ber-AC, dapat melahirkan sick building syndrome. Sindrom tersebut merupakan kondisi seseorang akan terus merasa lelah.

Terkadang, saluran AC pun tidak selalu bersih dan dibersihkan rutin. kemungkinan besar untuk sulit bernafas bisa saja muncul sebab AC akan menjadi tempat berkembang biak bagi patogen seperti jamur, bakteri dan jamur.

Sakit Tubuh
Suhu rendah dapat menyebabkan kontraksi otot, sakit kepala dan sakit punggung. Bila tubuh tetap berada pada suhu di bawah normal tubuh, orang itu akan merasakan sakit pada persendian dan otot yang mungkin menjadi rematik selama periode waktu tertentu. Jika situasinya parah, nyeri semacam itu bisa berkembang menjadi radang sendi.

Masalah Kulit
AC mengambil kelembaban tanpa peduli tubuh seseorang membutuhkannya. Kondisi tersebut sangat rawan bagi kulit yang membutuhkan kelembaban agar tidak kering dan bersisik. Akibat kekurangan uap air, kulit dapat dengan mudah kehilangan elastisitasnya, sehingga rentan terhadap lipatan dan keriput. Dengan kondisiitu sangat mudah untuk mempercepat penuaan dini dan rentan terhadap kelainan kulit lainnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA