Saturday, 11 Syawwal 1445 / 20 April 2024

Saturday, 11 Syawwal 1445 / 20 April 2024

Hidayat Nur Wahid: Islam dan Indonesia Menyatu Sejak Lama

Sabtu 29 Jul 2017 13:27 WIB

Red: Budi Raharjo

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid

Foto: humas MPR

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia tak lepas dari kontribusi dan pengorbanan umat Islam di Indonesia. Karena kontribusi umat Islam dalam perjuangan menuju Indonesia mereka begitu besar.

Banyak ulama yang memimpin umatnya mengangkat senjata untuk melawan penjajah. Termasuk lahirnya resolusi jihad menentang kembalinya panjajah.

Pernyataan itu dikemukakan Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid saat menyampaikan sosialisasi Empat Pilar MPR dihadapan 1.000 pengurus Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) se-Indonesia. Acara tersebut berlangsung di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (29/7).

Ikut hadir dalam acara tersebut, Ketua JSIT  Dr Syukron Khaq MSi, Wakil Ketua DPRD NTB Abdul Hadi, dan Gubernur NTB yang diwakili Asisten III Qomarudin.  Pengorbanan umat Islam bagi bangsa Indonesia menurut Hidayat  bukan hanya pada masa perjuangan fisik. Jelang Indonesia merdeka, tokoh tokoh umat Islam rela menghapus tujuh kata dalam piagam Jakarta, untuk memenuhi aspirasi masyarakat Indonesia Timur.  

"Karena itu tidak benar kalau ada yang mengatakan Islam anti-Pancasila dan NKRI. Karena buktinya, umat Islam sudah banyak berkorban untuk lahir dan tetap utuhnya Indonesia. Mereka yang menuduh Islam anti-Pancasila, itu berarti harus belajar sejarah," kata Hidayat menambahkan.

Pada kesempatan itu, Hidayat menegaskan, Indonesia dan Islam itu sudah menyatu sejak lama. Sehingga dia tidak setuju kalau ada pihak yang megkotak-kotakkan Islam dengan Indonesia. Seolah-olah antara Islam dan Indonesia berdiri sendiri, dan tidak saling berhubungan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler