Jumat 28 Jul 2017 17:49 WIB

Kebiasaan Gigit Es Batu Hingga Pensil Picu Gigi Sensitif

Rep: Novita Intan/ Red: Indira Rezkisari
Kesehatan gigi.
Foto: Republika/Edi Yusuf
Kesehatan gigi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gigi termasuk organ tubuh yang cukup sensitif. Terkadang, terlalu sering mengonsumsi makanan atau minuman yang panas dan dingin akan menyebabkan gigi terasa ngilu.

Drg. Hardini Dyah Astuti, Sp. Perio mengatakan beberapa penyebab lain gigi sensitif juga bisa terjadi dalam kehidupan sehari-hari secara tidak sengaja, seperti mengunyah es batu hingga kebiasaan menggigit pensil khususnya pada anak-anak. "Pembeda gigi sensitif pada anak-anak dan orang dewasa biasa beda, kalau anak-anak biasanya kebiasaan menggigit pensil, orang dewasa itu mulai menggosok gigi terlalu kencang hingga kebiasaan kunyah es batu," ujarnya di Jakarta, Jumat (28/7).

Menurutnya, ngilu pada gigi sensitif juga cenderung dipicu oleh beberapa hal sepele seperti suhu atau rasa makanan yang dikonsumsi.

"Misal, makan bakso panas terus minumnya dingin. Sebaiknya dihindari. Karena perubahan suhu dingin lalu panas yang tiba-tiba, bisa memicu ngilu. Atau saat makan cokelat yang manis, juga membuat rasa ngilu terjadi," ungkap dia.

Kendati demikian, secara umum pemicu gigi sensitif, makan-makanan dingin atau minum minuman dingin dan makanan bersifat asam.

"Gigi sensitif itu dipicu oleh makanan bersifat asam seperti soda, cuka pada pempek, atau buah lemon. Biasanya, saya menyarankan, untuk menghindari makanan yang bersifat asam ini untuk mencegah terjadinya gigi sensitif," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement