Monday, 14 Syawwal 1440 / 17 June 2019

Monday, 14 Syawwal 1440 / 17 June 2019

Ini Alasan Pentingnya Mengganti Oli Secara Rutin

Sabtu 29 Apr 2017 11:06 WIB

Red: Winda Destiana Putri

Pekerja sedang menganti oli kendaraan roda dua di gerai Bright Olimart di Jakarta, Rabu (20/7).Republika/Tahta Aidilla

Pekerja sedang menganti oli kendaraan roda dua di gerai Bright Olimart di Jakarta, Rabu (20/7).Republika/Tahta Aidilla

Foto: Republika/Tahta Aidilla

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Agar sepeda motor Anda awet, perawatan rutin sangat dianjurkan, termasuk mengganti service ringan dan mengganti oli atau pelumas secara berkala sesuai petunjuk. Kenapa perawatan kendaraan bermotor, termasuk ganti oli itu penting?

Menurut Arya Dwi Paramita, Corporate Secretary PT Pertamina Lubricants, perawatan motor adalah wajib dan mudah dilakukan bagi setiap pemiliki motor agar bisa selalu digunakan setiap saat. Dia menjelaskan setidaknya pemilik menyempatkan servis rutin ke bengkel resmi walau sekedar ganti oli mesin, membersihkan motor setiap hari dengan lap chamois jika tidak terlalu kotor, memastikan tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan, tidak bawa beban atau penumpang berlebihan, menggunakan bensin berkualitas sesuai anjuran pabrikan, memilih lintasan rata dan lain-lain.

"Performa motor ditentukan seberapa apik pemiliknya memperhatikan penggantian oli mesin di samping perawatan baterai. Setidaknya ini langkah awal yang harus kita lakukan jika kita pecinta motor sejati," kata Arya Dwi Paramita dalam diskusi yang digelar Mobil123 belum lama ini. Menurutnya, seiring dengan perkembangan teknologi yang ada, memang motor-motor saat ini di Indonesia menyuguhkan berbagai teknologi dan fitur modern seperti teknologi asupan bahan bakar injeksi. Namun hal paling utama adalah harus memperhatikan perawatan mesin. Karena kondisi mesin sepeda motor bergantung dari pemeliharaan pemiliknya.

Menurut Arya, alasan pemilik harus rajin dalam pergantian oli pada mesin motor karena di dalam mesin motor ada berbagai macam komponen yang bekerja. "Sebaiknya penggantian oli dilakukan secara rutin. Pelumas mesin ini perlu diganti jika sudah masanya agar kondisi motor tetap prima. Fungsi utama pelumas adalah melindungi bagian mesin dengan cara mencegah terjadinya gesekan langsung," imbuh Arya.

Oleh karena itu, penting mengganti oli secara berkala sesuai anjuran pabrikan agar komponen-komponen mesin motor tidak cepat aus dan mempengahi performa motor, selain membuatnya tidak cepat rusak serta awet. Dia pun mengingatkan bahwa sebelum pengendara mengendarai sepeda motor sebaiknya memeriksa rem, lampu-lampu, aki dan radiator, demi keselamatan.

Memang tidak semua pemilik kendaraan rajin membawa sepeda motornya untuk service dan ganti oli rutin di bengkel, itu lah kenapa Mobil123 bekerjasama dengan Pertamina Lubricant mengadakan talkshow bertema “Merawat Motor Semudah Tersenyum”.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA