Sabtu 09 Sep 2017 11:58 WIB

Motor Listrik Honda Diproduksi di Indonesia Tahun Depan

Rep: Rossi Handayani/ Red: Endro Yuwanto
Sepeda motor listrik Honda EV Neo
Foto: Dok
Sepeda motor listrik Honda EV Neo

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- PT Astra Honda Motor (AHM) akan ikut serta menciptakan produk motor listrik untuk mengikuti pengurangan kendaraan berbahan bakar minyak. Honda memiliki motor dengan konsep ramah lingkungan yang akan segera diproduksi di Tanah Air.

"Seperti disampaikan oleh CEO Honda Motor yang akan diproduksi mudah-mudahan di tahun 2018," kata Direktur Pemasaran AHM Thomas Wijaya, Jumat (8/9).

Thomas melanjutkan, sebelumnya Honda telah memiliki produk motor listrik yang berada di Jepang. Sedangkan untuk di Indonesia, AHM telah melakukan pengembangan lebih lanjut terhadap motor jenis ini.

"Kami di Indonesia sedang melakukan study bersama pihak pemerintah melalui Universitas Indonesia (UI) dari akhir tahun lalu. Tentu kami sedang mempelajari untuk dapat melakukan produksi motor listrik di Tanah Air," ujar Thomas.

Sementara itu, Gesits (Garansindo Electric Scooter ITS) sepeda motor listrik pertama buatan nasional juga sedang bersiap masuk ke jalur produksi. Motor listrik ini sepenuhnya dibangun dan dikembangkan oleh kelompok mahasiswa dan mahasiswi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang dipimpin oleh Dr M Nur Yuniarto.

Gesits berdiri dengan dukungan dari perusahaan swasta nasional Garansindo Group dan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI. Gesits diciptakan sebagai kendaraan roda dua berpenggerak listrik yang ramah lingkungan dan hemat energi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement