Friday, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

Friday, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

Kaki-Kaki Mobil Gampang Lelah Usai Mudik

Sabtu 08 Jun 2019 00:20 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Ilustrasi. Mekanik melakukan perawatan berkala mobil di Bengkel. (Republika/ Wihdan)

Ilustrasi. Mekanik melakukan perawatan berkala mobil di Bengkel. (Republika/ Wihdan)

Foto: Republika/ Wihdan
Kaki-kaki mobil mudah lelah setelah perjalanan panjang melewati jalan tidak mulus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Usai mudik, kaki-kaki mobil menjadi komponen yang berpotensi paling gampang lelah. Apalagi setelah melintasi perjalanan panjang, dengan kondisi jalan yang tidak mulus.

Karenanya pengecekan perlu dilakukan pada komponen-komponen penunjang kinerja mobil ini. Jangan sampai "kelelahan", rusak, dan malah menjalar ke komponen kaki-kaki lainnya.

Berikut beberapa bagian yang perlu diperhatikan seperti dirangkum dari berbagai sumber:

1. Shockbreaker

Fungsinya meredam guncangan saat mobil melintasi jalan bergelombang atau berlubang. Komponen ini bisa melemah kinerjanya jika sering digunakan, terutama pada jalanan tidak mulus apalagi bebatuan.

Cek stabilitas mobil saat melaju, terutama saat kecepatan tinggi. Apakah terasa limbung. Dengarkan juga bila ada suara berisik yang keluar dari kaki-kaki saat berkendara. Ganti komponen ini jika itu terjadi.

2. Ban

Lihat apa kondisi ban sudah botak, peyang, atau retak-retak. Jika iya, sebaiknya diganti. Untuk perawatan, periksa tekanan angin secara berkala dan rutin melakukan rotasi pada posisi ban.

3. Bushing (Arm)

Fungsinya menghubungkan arm dengan sasis agar tidak terjadi singgungan antar logam. Komponen berbentuk selongsong besi dan disokong oleh karet ini menjadi titik tumpu roda dan lengan pencengkeram roda. 

Jika ada suara dencit keluar dari komponen ini saat berkendara, ada kemungkinan karet bushing telah retak. Perhatikan juga arah mobil saat melaju, kalau melenceng, perbaiki.

4. Bearing

Fungsinya sebagai bantalan di roda dan mempengaruhi kestabilan berkendara. Salah satu cara mengecek kondisinya adalah dengan mendongkrak ban satu per satu dan putar secara manual. Dengarkan apa ada suara berisik saat melakukannya. Bila iya, ganti komponen ini.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA