Friday, 12 Jumadil Awwal 1440 / 18 January 2019

Friday, 12 Jumadil Awwal 1440 / 18 January 2019

Xpander Jadi Kendaraan Operasional Garuda

Selasa 11 Dec 2018 17:28 WIB

Red: Hiru Muhammad

Tampak awak kabin Garuda bersama sejumlah Xpander yang menjadi kendaraan resmi operasional Garuda

Tampak awak kabin Garuda bersama sejumlah Xpander yang menjadi kendaraan resmi operasional Garuda

Foto: MMKSI
Jumlah Xpander yang digunakan bisa bertambah lagi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah sukses memasarkan Xpander ke pasaran konsumen, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) membidik pasar korporasi. Hal itu terbukti dari diserahterimakannya kendaraan low MPV tersebut sebagai kendaraan resmi kru kabin Garuda Indonesia.

Peresmian ini dilakukan  Direktur Utama Garuda Indonesia, Ari Ashkara dan Presiden Direktur PT MMKSI, Naoya Nakamura yang disaksikan, Direktur PT Aerotrans Services Indonesia, Syahroni dan sejumlah pejabat lainnya, Selasa (11/12).

Garuda telah menggunakan 401 unit Xpander sejak Oktober lalu sebagai kendaraan angkut kru kabin pesawat. "Kami kini menggunakan 401 unit dan jumlah itu bisa bertambah lagi," kata Ari. 

Garuda harus  cepat melakukan perubahan dalam layanan baik di darat maupun udara. Selain memanjakan penumpang, layanan juga harus membuat karyawan menjadi bahagia, termasuk awak kabin yang membutuhkan kendaraan baru yang segar.

Pihaknya juga akan meningkatkan layanan dengan memasukkan sejumlah produsen  makanan minuman terkemuka, termasuk peluncuran film box office di udara. 

Menurutnya, apabila ditambah dengan penggunaan di sejumlah wilayah di Indonesia, jumlah kendaraan yang dibutuhkan untuk mengangkut sekitar 4 ribu kru kabin pesawat mencapai 800 unit.

Apabila ditambah dengan armada City Link dan Sriwijaya jumlahnya mencapai 1000 hingga 1100 unit kendaraan. "Kami butuh kendaraan yang aman dan nyaman buat kru kami, dan kendaraan juga bisa dipakai mobilitas kru darat," kata Ari. 

Menurut Nakamura,  hal ini menjadi kesempatan bagi MMKSI untuk masuk ke pasar bisnis korporasi. Setelah dimulai dengan Xpander diharapkan bisa menjangkau perusahaan lainnya.

Sejak diperkenalkan ke pasar tanah air tahun lalu, jumlah permintaan Xpander di pasar retail lebih dari 115.000 unit dengan pangsa pasar total 30 persen. Kerjasama dengan Garuda Indonesia ini menjadi bisnis fleet terbesar dari Small MPV andalan MMKSI.  "Kami akan terus memperluas kerjasama semacam ini untuk kendaraan penumpang kami selanjutnya” ujar Nakamura.

Pada tahap pertama di Oktober 2018 sebanyak 119 unit XPANDER telah beroperasi, dan pada tahap ke-2 di Desember 2018, sebanyak 282 unit XPANDER telah diserahkan.

Dalam kerjasama ini, XPANDER yang digunakan adalah varian GLS MT dengan warna Sterling Silver Metalik, yang telah dipasang stiker. Armada operasional Garuda akan mendapat layanan khusus dari MMKSI untuk berawatan. Termasuk pelatihan keselamatan mengemudi bagi para operator kendaraan. 

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES