Wednesday, 6 Syawwal 1439 / 20 June 2018

Wednesday, 6 Syawwal 1439 / 20 June 2018

Uber Hentikan Operasional Swakemudi di Arizona

Kamis 24 May 2018 21:29 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Mobil Swakemudi. Ilustrasi

Mobil Swakemudi. Ilustrasi

Foto: Carscoops
Arizona sejak akhir bulan lalu menangguhkan izin mobil swakemudi usai kecelakaan

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Perusahaan jaringan transportasi asal San Fransisco, Uber, menghentikan uji coba operasi mobil otonom atau swakemudi di Arizona. Penghentian itu dilakukan dua bulan setelah terjadinya sebuah kecelakaan yang melibatkan satu mobil otonomnya.

Kecelakaan itu memakan korban seorang perempuan bernama Elaine Herzberg (49). Herzberg saat itu tengah mengendarai sepedanya di jalanan perlintasan roda empat. Dia kemudian ditabrak oleh kendaraan Uber yang sedang melaju dengan kecepatan 64 km/ jam.

Dilansir Reuters, penutupan operasi mobil otonom Uber itu tidak akan diberlakukan di daerah lainnya. Uber hanya akan membatasi pengoperasian di beberapa daerah seperti Pittsburgh, Pennsylvania serta dua kota di California.

Namun akibat tragedi kecelakaan itu, Uber harus menjajaki hubungan yang lebih dalam dengan regulator di California dan Pittsburgh. Sebabnya, karena kecelakaan itu perijinan terkait uji coba mobil otonom semakin diperketat.

Pihak Uber mengatakan, uji coba tetap harus diperjuangkan mengingat teknologi mobil otonom penting untuk pelayanan kendaraannya di masa depan. Namun,Gubernur Arizona Doug Ducey menangguhkan izin uji coba mobil otonom Uber lebih dari satu tahun.

"Keputusan gubernur fokus didasarkan kepada apa yang terbaik untuk Arizona serta untuk keamanan masyarakat, tidak untuk perusahaan manapun," ujar juru bicara gubernur, Daniel Scarpinato.

Baca: Ditolak BMW dan Mercedes, Apple Bidik VW untuk Swakemudi

Pihak berwajib saat ini tengah melakukan investugasi terhadap kecelakaan tersebut. Sementara Uber berupaya untuk memindahkan lokasi uji coba mobil otonomnya ke kota lain.

Sebelumnya, Arizona dinilai sebagai salah satu daerah yang ideal untuk lokasi uji coba operasi kendaraan otonom. Arizona memiliki jalanan yang datar, lebar serta ramah dan mudah dari sisi regulasi.

Setelah berhasil melewati uji pada kondisi jalanan seperti itu, Uber harus menghadapi tantangan untuk melakukan uji coba mobil otonom di kawasan kota dengan berbagai cuaca meliputi hujan, kabut, salju serta es.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES