Thursday, 18 Syawwal 1443 / 19 May 2022

Ditolak BMW dan Mercedes, Apple Bidik VW untuk Swakemudi

Kamis 24 May 2018 18:35 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Ilustrasi Mobil Swakemudi

Ilustrasi Mobil Swakemudi

Foto: Foto : MgRol_92
Kerja sama dengan VW dilakukan untuk mengembangkan mobil swakemudi angkutan karyawan

REPUBLIKA.CO.ID, CONNECTICUT --Apple menggandeng Volkswagen untuk mengubah angkutan T6 Transporter yang ada menjadi angkutan yang bisa beroperasi sendiri bagi karyawan Apple. Divisi mobil Apple itu memiliki kode Project Titan dan pernah bertujuan untuk membuat perangkat keras dan perangkat lunak untuk kendaraan swakemudi baru.

Proyek mobil swakemudi Apple makin kekurangan peminat, setelah negosiasi mereka dengan pembuat mobil Jerman, termasuk BMW dan Mercedes, untuk mengembangkan mobil swakemudi all-electric menemui kegagalan.  Terutama setelah kedua perusahaan menolak untuk membiarkan Apple memiliki kendali atas desain kendaraan dan data yang dihasilkannya.

Oleh karena itu, Apple beralih untuk fokus dalam waktu dekat pada layanan antar-jemput yang dikenal sebagai PAIL. Maksud dari PAIL adalah Palo Alto ke Infinite Loop.

Dikutip dari The Verge, seluruh tim mobil Apple akan mendapatkan layanan antar-jemput ini, namun tidak ada rencana konkret untuk ke depannya. Hal itu akan menunjukkan bahwa ambisi Apple dengan Project Titan semakin berkurang.

The Times melaporkan bahwa ratusan orang telah meninggalkan divisi itu setelah beberapa tahun membesar menjadi lebih dari 1.000 karyawan. Meskipun demikian, prototipe mobil swakemudi Apple terlihat lalu lalang di sekitar Palo Alto.

Perusahaan ini juga memiliki kendaraan yang lebih otonom, armada SUV Lexus RX450h untuk tujuan pengujian, dan terdaftar di California Department of Motor Vehicles dari Uber dan Alphabet-dimiliki Waymo.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA