Tuesday, 10 Zulhijjah 1439 / 21 August 2018

Tuesday, 10 Zulhijjah 1439 / 21 August 2018

Ini Teknologi Balap yang Disematkan ke Mobil Konvensional

Selasa 15 May 2018 13:24 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Mobil balap formula 1 McLaren

Mobil balap formula 1 McLaren

Foto: RECENT SPORT NEWS
Ferrari pada tahun 1997 mengenalkan paddle shifter sebagai pengganti persneling

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Zaman dulu mungkin kita masih beranggapan bahwa mobil balap dengan mobil untuk jalan raya merupakan sesuatu yang berbeda. Sebab mobil balap mempunyai spesifikasi khusus, yang tidak bisa disematkan di mobil konvensional.

Dikutip dari Stuff.co, Selasa (15/5), saat ini sudah banyak produsen mobil menyematkan spesifikasi balap di mobil konvensionalnya. Porsche memang bukan yang pertama untuk mendapatkan transmisi kopling ganda ke dalam mobil jalannya.

Sebenarnya agak terlambat untuk bersaing ketika memperkenalkan 'PorscheDoppelkupplungsgetriebe' (Double Clutch) atau transmisi PDK di 2009 997 Carrera.

Tapi itu merupakan salah satu yang pertama untuk mengembangkan teknologi balap. Namun itu hanya sebagai bagian dari upaya balapan di awal 1980-an, khususnya di mobil 962 IMSA GTP / Group C.

Transmisi PDK ketika itu dikritik karena komponennya yang kompleks. Namun Porsche bersikeras dan akhirnya memutuskan bahwa teknologi itu dapat diandalkan dan cukup bagus untuk dipasang di mobil-mobil jalanannya yang sudah ada sejak 2009.

Sementara itu, Ferrari memperkenalkan paddle shifter roda kemudi pertama yang di-mount ke Formula 1 pada tahun 1989, ketika memulai debutnya transmisi semi-otomatis elektro-hidraulik baru ke Ferrari 640. 

Pada tahun 1997 Ferrari telah mengembangkan teknologi untuk mobil jalan raya dan 355 adalah mobil jalan pertama dengan transmisi 'F1' Ferrari dan paddle shifter menggantikan persneling konvensional. Bahkan pistol otomatis konvensional akan memacu paddle di roda kemudi dan kolom kemudi, penempatan yang masih menjadi perdebatan banyak hari ini.

Sementara McLaren adalah yang pertama menggunakan chassis serat karbon monocoque di mobil balap, MP4 / 1 dari 1981. Namun Jaguar mengalahkannya dengan mobil konvensional ketika memperkenalkan XJR-15 pada tahun 1990.

XKR-15 hanyalah versi halus dari mobil balap XJR-9 untuk jalan, hanya diproduksi selama dua tahun dan hanya membuat 53 unit. Bagaimana pun, penggunaan pertama monocoque serat karbon dalam mobil produksi yang khusus dibuat untuk jalan raya adalah McLaren.

Audi memanfaatkan Quattro, yang merupakan mobil rally Audi Quattro dan mobil jalan raya dari 1980. Quattro adalah mobil reli pertama yang memanfaatkan aturan yang baru-baru ini diubah agar memungkinkan penggerak empat roda dalam rally dan biasanya dipakai untuk balap.

Dalam sentuhan yang bagus, untuk menghormati reputasi asli, semua mobil Audi berikutnya dengan AWD akan diberi lencana 'quattro' dengan huruf kecil 'q', yang berarti hanya yang asli dan terbesar yang akan membawa lencana Quattro huruf besar.

Sementara Mercedes-Benz menggunakan teknologi Nanoslide, yaitu teknologi yang sangat pintar yang mengurangi konsumsi bahan bakar, dengan mengurangi gesekan di dalam mesin. Hal itu dilakukan dengan aplikasi lapisan gesekan rendah yang sangat tipis yang diterapkan ke permukaan bagian dalam silinder di blok mesin aluminium.

Aplikasi pertamanya adalah pada V8 6.2 liter V8 di mobil-mobil AMG 63. Tetapi sejak itu telah dipasang di seluruh line-up AMG, serta sejumlah mesin diesel produksi seri di Mercedes berbaris. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA