Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

Menghargai Suara Konsumen dalam Bisnis Otomotif

Senin 27 Nov 2017 17:34 WIB

Red: Hiru Muhammad

Ilustrasi. Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di Tol Cawang, Jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur, Kamis (16/11).

Ilustrasi. Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di Tol Cawang, Jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur, Kamis (16/11).

Foto: Republika/Putra M. Akbar

REPUBLIKA.CO.ID JAKARTA -- Suara konsumen kini menentukan nasib sebuah merek kendaraan di pasaran. Karena itu kelengkapan informasi yang berada di masyarakat akan menentukan persepsi pasar akan sebuah merek kendaraan. 

"Persepsi terbentuk dari pengalaman, harga ataupun disain mobil," kata Hamish Stone CEO iCarAsia. Pengalaman konsumen terhadap merek kendaraan ini telah dilirik sejumlah kalangan sebagai nilai tambah yang berguna bagi agen pemegang merek kendaraan. Hal ini membuktikan kian dihargainya peran konsumen di pasaran. 

Karena itu pihaknya sengaja menggelar iCar Asia People's Choice Awards yang merupakan penghargaan kepada produsen otomotif di tanah air. Namun, yang membedakan tahun ini dibanding tahun sebelumnya adalah  para pemenang dari 18 kategori dipilih secara murni oleh konsumen di Indonesia. Mereka mengikuti pemungutan suara secara online (online voting poll) yang dilaksanakan mulai 12 Oktober sampai 1 November 2017.

"iCar Asia People's Choice Awards memberikan kesempatan kepada para konsumen untuk menyuarakan pendapat mereka dan persepsi mereka terhadap mobil-mobil yang dipasarkan pada 2017," kata Stone dalam keterangan tertulisnya Ahad (26/11).  Ke-18 kategori pemenang kendaraan dalam ajang ini antara lain terdiri MPV mulai dari kelas bawah hingga premiun, bak terbuka, kendaraan ramah lingkungan hingga SUV kelas menengah. 

Puncak ICar Asia People's Choice Awards adalah ASEAN Car of the Year Award, di mana Mercedes-Benz C-Class merebut Emas, sementara Honda Civic mendapatkan Perak, dan Toyota Fortuner meraih Perunggu. Para pemenang ASEAN Car of the Year juga murni dipilih para konsumen dari 10 negara. Salah satu cara adalah melalui iCar Asia People's Choice Awards. "Kami berharap penghargaan kami membantu mereka menentukan pilihan," katanya. 

 

 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA