Kamis 29 Sep 2016 20:05 WIB

Portal Beli Mobil Online Asal India Masuk Indonesia

Rep: Nora Azizah/ Red: Winda Destiana Putri
Portal Beli Mobil Online Asal India Masuk Indonesia.
Foto: Dok: Oto.com
Portal Beli Mobil Online Asal India Masuk Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia memang menjadi negara menarik untuk berbisnis. Terutama dalam meraup pasar daring.

Sebuah portal online khusus menjual mobil asal India melirik Indonesia sebagai pasar potensial. CarBay.com yang merupakan anak perusahaan dari Gimar Software Private Limited‎, perusahaan iklan baris otomotif online terkemuka di Asia. CarBay.com menggandeng PT Kreatif Media Karya dan PT elang mahkota Teknologi dalam melebarkan sayap bisnisnya.

Namun begitu melantai di ranah internet Indonesia, CarBay berganti nama menjadi Oto.com. Rebranding nama tersebut dibuat bukan tanpa alasan. Pihak CarBay menjelaskan, nama Oto.com lebih familiar di tengah para pencinta otomotif dalam negeri. Selain itu juga lebih nyaman di dengar karena menggunakan bahasa indonesia. Nama Oto.com hanya akan menjadi platform di Indonesia saja, sementara di negara-negara lain tetap menggunakan CarBay.

"Industri otomotif di Indonesia tidak berbeda dengan India, itu alasan kami membawa CarBay," ujar ‎Chief Executive Officer (CEO) Oto.com Mohit Yadav dalam acara peluncuran portal online tersebut di Jakarta, Rabu (28/9). Lagipula gaya hidup penduduk Indonesia dan India juga hampir sama dalam mengadopsi internet pada kehidupan sehari-hari. Perkembangan pengguna perangkat mobile di Indonesia terus meningkat signifikan, serupa dengan India.

Oto.com memang bukan pemain baru dalam industri otomotif Indonesia dengan menggunakan platform digital. Namun aplikasi tersebut memberikan pengalaman berbeda bagi pencinta otomotif saat mencari mobil impiannya. Oto.com sudah menggandeng sekitar 1500 diler mobil di seluruh Indonesia. Diler tersebut terutama di kota-kota besar seperti, Jakar‎ta, Medan, Surabaya, dan lainnya.

"Ke depannya kami akan kerja sama dengan lebih banyak diler," jelas Mohit.

Aplikasi mobile Oto.com bisa diunduh secara gratis melalui perangkat Android dan iOS. Ada dua jenis user yang bisa menggunakan, yakni dealer dan calon pembeli. Untuk para dealer aplikasi berfungsi sebagai katalog versi digital yang akan menampilkan produk mereka.

Katalog tersebut yang kemudian dibuka oleh para konsumen. Calon pembeli juga akan merasakan pengalaman berbeda dengan foto produk versi virtual reality (VR). Saat ini, Oto.com masih menyediakan platform secara gratis baik untuk para diler dan konsumen. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement