Tuesday, 15 Jumadil Akhir 1443 / 18 January 2022

Tuesday, 15 Jumadil Akhir 1443 / 18 January 2022

Ratusan Robot Bantu Produksi Daihatsu Sigra

Kamis 25 Aug 2016 12:49 WIB

Red: Winda Destiana Putri

Daihatsu Sigra

Daihatsu Sigra

Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 300 robot mendukung proses produksi kendaraan Daihatsu Sigra di pabrik Astra Daihatsu Motor (ADM) di Karawang Assembly Plant. Kepala Inspeksi Kualitas ADM Frederik Kristianto di Karawang, Rabu, mengatakan 42 persen pembuatan kendaraan Daihatsu di KAP menggunakan robot.

"Sisanya manual atau dikerjakan oleh orang. Sebelumnya otomatisasi hanya 20 persen," katanya Rabu (24/8).

Tidak hanya Daihatsu Sigra, Frederik menjelaskan, pembuatan Daihatsu Ayla, Toyota Agya dan Toyota Cayla juga dilakukan menggunakan teknologi robot. Robot-robot antara lain mengerjakan pemindahan badan, pemasangan badan hingga pemasangan berbagai komponen kendaraan.

Ia menjelaskan bahwa ada lima tahapan yang meliputi pengecapan, pengelasan, pengecatan, perakitan dan pemeriksaan dengan 16.000 unit pengerjaan untuk menghasilkan sebuah mobil.

"Proses yang paling banyak menggunakan robot adalah body welding (pengelasan)," jelas Frederik serta menambahkan robot-robot yang didatangkan dari Jepang tersebut mampu beroperasi hingga 15 tahun.

Menggunakan teknologi itu, Karawang Assembly Plant memproduksi 200 ribu unit kendaraan per tahun. Hal ini dapat membantu mempercepat kendaraan sampai ke tangan pembeli.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA