Selasa 21 Jun 2016 13:48 WIB

Toyota Kuasai 39 Persen Market Share Indonesia

Toyota
Toyota

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Toyota-Astra Motor menorehkan hasil positif pada Mei 2016 dengan penjualan sebanyak 33.624 unit dan meraih market share sebesar 39persen atau menjadi yang terbaik sepanjang tahun ini.

Henry Tanoto Vice President Director PT Toyota-Astra Motor mengatakan Toyota mencatatkan kinerja positif berkat kepercayaan dan kesetiaan yang kuat terhadap produk, teknologi, dan layanan Toyota di tengah kompetisi yang kian ketat dan perlambatan pertumbuhan pasar otomotif nasional.

"Kami bersyukur atas pencapaian positif ini. Hal ini tak lepas dari support dan kepercayaan konsumen kepada Toyota. Pencapaian ini tentu memberikan keyakinan yang lebih kuat bagi kami dalam melihat prospek pasar otomotif nasional sepanjang 2016," jelas Henry Tanoto dalam keterangan tertulisnya, Senin (20/6).

"Pada bulan-bulan mendatang, kami berharap kinerja Toyota dan pasar otomotif nasional pada umumnya, dapat terus membaik hingga akhir tahun ini," ujar Henry.

 

Semua segmen kendaraan penumpang Toyota di pasar ritel mengalami pertumbuhan signifikan pada Mei 2016 dibandingkan dengan April 2016.

Pertumbuhan tertinggi dicapai segmen sedan sebesar 47,9persen, diikuti segmen SUV yang tumbuh 19,4 persen, segmen 4x4 tumbuh 12,3 persen, hatchback tumbuh 7,4 persen, serta MPV bertumbuh 3,5 persen.

Sepanjang bulan lalu, Toyota Avanza menjadi kontributor utama penjualan Toyota dengan total penjualan ritel 14.027 unit atau tumbuh 5,5 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Penjualan ritel Avanza pada Mei lalu tercatat sebagai yang tertinggi sepanjang 2016.

Segmen sedan, Toyota yang mencatatkan pertumbuhan tertinggi di pasar ritel bulan lalu, ditopang oleh membaiknya kinerja entry sedan yang tumbuh tiga kali lipat lebih, dari 103 unit pada April menjadi 339 unit pada Mei.

Sementara itu, segmen SUV Toyota pada bulan lalu mencatatkan pertumbuhan tertinggi kedua yaitu sebesar 19,4 persen dibandingkan dengan pencapaian bulan sebelumnya.

Dua produk Toyota yang bersaing di segmen ini yaitu Toyota Rush di segmen medium SUV dan All Toyota Fortuner di segmen high SUV, berhasil menunjukkan keunggulannya, dengan tetap berhasil meraih peningkatan penjualan.

Peluncuran versi terbaru Toyota Rush TRD Sportivo dan TRD Sportivo Ultimo berkapasitas 7 penumpang mengangkat penjualan medium SUV di Indonesia ke posisi 2.418 unit atau tumbuh 7,4 persen dibandingkan April 2016.

All New Toyota Fortuner yang diluncurkan pada awal tahun ini, masih memimpin segmen high SUV dengan penjualan sebesar 3.007 unit dengan market share 58,4 persen di kelasnya.

Henry menambahkan potensi pasar Indonesia ke depannya masih menarik sehingga Toyota menyiapkan berbagai strategi yang berpayung pada semangat Toyota Let’s Go Beyond yang diwujudkan melalui Beyond Product, Beyond Technology, dan Beyond Service.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement