Rabu 13 Jan 2016 16:51 WIB

Penjualan Mobil Tahun Ini Diprediksi Hanya Naik Tipis

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Dwi Murdaningsih
Penjualan mobil (ilustrasi).
Foto: www.hypermiler.co.uk
Penjualan mobil (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memprediksi penjualan mobil pada tahun ini hanya akan naik tipis. Ketua Gaikindo Jongkir Sugiarto mengatakan Gaikindo belum secara resmi merilis angka penjualan pada 2015.

Namun, Jongkie memprediksi angka penjualan pada 2015 sekitar 1.020.000 unit, sedangkan pada 2016 diperkirakan hanya naik menjadi 1.050.000 unit. Menurut Jongkie, proyeksi kenaikan penjualan mobil ini terjadi karena adanya paket-paket kebijakan ekonomi dari pemerintah. Meski dampaknya belum dirasakan secara langsung, namun perlahan insentif tersebut akan sampai ke industri otomotif.

Terkait dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), Jongkie optimistis bahwa investasi para pemilik merek tidak akan lari dari Indonesia. Karena, Indonesia merupakan salah satu pangsa pasar yang besar.

"Dengan adanya MEA, justru mereka akan saling mengisi antar negara karena mereka menganut sistem one model one country," kata Jongkie.

 

Jongkie mengatakan, pada 2016 ini belum ada rencana penambahan investasi baru. Sebab, pada saat ini kapasitas produksi mobil sekitar 1,9 juta unit per tahun namun ekspor hanya 200 unit, dan penjualan berada di kisaran sekitar 1 juta unit.

baca juga:

Mobil Murah LCGC Diprediksi Laris Manis Tahun Ini

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement