Kamis 17 Dec 2015 07:00 WIB

Cara Mitsubishi Fuso Ciptakan Mekanik dan Tenaga Penjual Andal

Bengkel Mitsubishi
Bengkel Mitsubishi

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), authorized distributor kendaraan Mitsubishi di Indonesia, menggelar “Fuso Mechanic Contest” dan “Fuso Sales Appraisal Program” pada Jumat (11/12). Melalui program ini, KTB telah memilih mekanik serta tenaga penjual terbaik di seluruh Indonesia.

Program evaluasi yang dibalut ajang kontes ini berhasil mencetak tenaga tenaga penjual dan mekanik profesional yang diakui kemampuannya di dalam dan luar negeri. Kompetisi ini diikuti oleh tenaga penjual dan mekanik, mulai dari level staf, supervisor, hingga manager.

Semua diuji kemampuannya, mulai dari uji tertulis, pemahaman produk, simulasi transaksi, leadership, hingga presentasi pengembangan produktivitas. Melalui kompetisi ini, KTB memotivasi para tenaga penjual dan mekanik untuk terus meningkatkan produktivitas dan kapabilitasnya, sehingga dapat memberikan dedikasi terbaiknya dalam melayani konsumen Mitsubishi Fuso.

Executive Marketing Director MFTBC Marketing Division KTB, Rizwan Alamsjah, mengungkapkan, tenaga penjual dan mekanik merupakan garda terdepan yang langsung berhadapan dengan konsumen. Karenanya, selain harus memiliki kemampuan dalam hal penguasaan produk, mereka juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik kepada konsumen.

Tahun ini, kata dia, perusahaan merasakan bagaimana tingkat persaingan menjadi semakin berat. Tak heran jika banyak yang akhirnya mengambil jalan mudah dengan hanya mengandalkan diskon.

"Namun kami selalu menekankan kepada para tenaga penjual dan juga mekanik bahwa untuk mengambil hati konsumen, hal terpenting yang harus diperhatikan adalah mereka perlu terus berlatih, mengasah kemampuan dan potensi diri, serta secara rutin melakukan komunikasi secara berkala kepada konsumen," ungkap Rizwan saat memberikan penghargaan kepada mekanik dan tenaga penjual terbaik.

Kondisi penurunan selama 2015, ungkap dia, menjadi tantangan tersendiri bagi para tenaga penjual dan mekanik. Pada saat ini mereka harus memutar otak serta menerapkan berbagai strategi agar dapat tetap melayani konsumen secara maksimal. Upaya ini tentu juga mendapat arahan serta dukungan KTB sehingga berhasil mencatatkan peningkatan pertumbuhan dari tahun sebelumnya. Berdasarkan data Gaikindo sampai dengan November 2015, Mitsubishi Fuso meraih market share sebesar 46,7 persen.

Hal ini, kata Rizwan, didukung pula dengan 225 jaringan penjualan Mitsubishi Fuso dengan layanan 3S (Sales, Service, Spare part) yang tersebar hingga pelosok Tanah Air. Ini merupakan jaringan penjualan terbesar untuk kategori kendaraan niaga di Indonesia.

Jaringan penjualan Mitsubishi Fuso memiliki lebih dari tiga ribu tenaga penjual dan dua ribu mekanik yang siap melayani kebutuhan konsumen. Inilah salah satu kunci keunggulan layanan Mitsubishi Fuso, yaitu mudah dicari, dekat dengan konsumen, handal dan cepat dalam dalam melayani konsumen.

Melalui ajang kontes ini, kata dia, KTB berharap dapat mendatangkan banyak manfaat. Tidak hanya kepada para peserta kontes, tetapi juga kepada konsumen Mitsubishi Fuso.

Alasannya, mekanik dan tenaga penjual yang handal tentunya akan memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Mereka tidak hanya sekedar memperbaiki atau menjual kendaraan, tetapi juga memberikan solusi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Dengan begitu sejalan dengan komitmen KTB untuk memberikan kepuasan tertinggi kepada para konsumen.

Dari semua peserta yang ikut dari seluruh diler Mitsubishi Fuso di Indonesia yang akhirnya maju dalam babak nasional sebanyak delapan mekanik dan enam tenaga penjual. Akhirnya terpilih masing-masing satu pemenang tingkat nasional, yaitu Ariswanto–The 1st Winner of Fuso Mechanic Contest 2015 dari diler PT Prabu Pandawa Motor Bogor dan Sari Sundari–The 1st Winner of Fuso Sales Appraisal Program 2015 dari diler PT Dahana Berlian Motor Tasikmalaya. Pemenang akan mendapatkan  hadiah utama berupa paket tour & training ke luar negeri.  ADV

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement