Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

Kupu-Kupu Malam Butuh Dukungan Pemerintah

Rabu 24 Sep 2014 07:42 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Mobil listrik Selo buatan Kupu-Kupu Malam.

Mobil listrik Selo buatan Kupu-Kupu Malam.

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - - Pengrajin mobil asal Yogyakarta, Kupu-Kupu Malam, mengaku masih sangat membutuhkan dukungan dan fasilitas, terutama dari pemerintah dalam mengembangkan mobil-mobil buatannya.

Selain fasilitas dan dukungan, di Indonesia perlu ada acuan jelas mengenai pengembangan teknologi mobil listrik tersebut.

"Di Indonesia, ini adalah teknologi baru, dan kami tidak punya contoh untuk mempelajari teknologi baru tersebut," kata perwakilan manajemen Kupu-Kupu Malam, Kunto Wibisono, disela pameran IIMS 2014, Selasa (24/9).

Dalam ajang IIMS, Kupu-Kupu Malam memamerkan mobil listrik buatan tangan (hand made) Selo, yang didesain menyerupai mobil sport.

"Hand made di sini artinya proses pembuatan kami lakukan dengan manual, mulai dari modelling chasis dari clay sampai pengecatan dilakukan manual," kata Kunto Wibisono

"Ini masih produk pertama, jadi mesin dan beberapa komponen masih kami impor dari Amerika. Namun, untuk bagian lain menggunakan produk dari Indonesia," katanya.

Kupu-Kupu Malam melakukan hampir keseluruhan proses pengerjaan, mulai dari proses desain, body, interior dan pengecatan.

"Mobil ini diselesaikan dalam waktu tujuh bulan, mulai dari awal sampai finishing dan dapat digunakan," katanya.

Mobil listrik Selo merupakan salah satu proyek yang proses risetnya didanai oleh Dahlan Iskan--sekarang Menteri BUMN--, sebagai salah satu upaya mewujudkan produksi mobil listrik nasional.

Keunggulan dari mobil listrik ini adalah ramah lingkungan dan biaya produksinya yang murah.

"Biaya produksi untuk membuat mobil listrik ini rendah jika dibandingkan dengan mobil berbahan bakar minyak," kata Kunto.

Saat ini mobil listrik Selo masih dalam tahap pengembangan prototype dan teknologi, belum mengarah pada produksi dalam jumlah yang besar.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA