Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Akibat Banjir, Penjualan Mobil Menurun

Rabu 22 Jan 2014 19:01 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Pabrik mobil Toyota di Jepang, ilustrasi

Pabrik mobil Toyota di Jepang, ilustrasi

Foto: Business Week

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banjir yang melanda sejumlah provinsi di Indonesia berdampak pada penjualan mobil awal Januari ini, yang diperkirakan turun tipis dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

"Akan ada hambatan bulan ini. Pergerakan (logistik) terhambat dan konsumen pun malas membeli mobil, karena lagi banjir," kata salah satu Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Johnny Darmawan di Jakarta, Rabu (22/1).

Ia memperkirakan penjualan mobil pada Januari turun dibandingkan bulan-bulan sebelumnya pada 2013 yang rata-rata mencapai 100 ribu per bulan. "Paling sedikit (penjualan mobil pada Januari) di bawah 100 ribu unit, tapi 80 ribu tidak mungkin, karena dampak (banjir) tidak signifikan," kata Johnny.

Ia menilai masalah banjir bisa selesai dalam hitungan bulan, sehingga penjualan mobil secara nasional tidak terlalu terpengaruh sampai akhir tahun. "Pasar (mobil) Indonesia tahun ini sekitar 1,2 juta, atau bisa lebih dan kurang sedikit dari itu," katanya.

Tahun lalu secara nasional penjualan mobil di Indonesia telah menembus angka sekitar 1,2 juta unit naik sekitar 9,6 persen dibandingkan tahun 2012 yang mencapai sekitar 1,1 juta unit.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA