Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

Saingi Avanza, Honda Mobilio Ditarget Laku 80 Ribu Unit

Jumat 20 Sep 2013 21:25 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

MPV Honda Mobilio

MPV Honda Mobilio

Foto: Republika/Amin Madani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Honda Prospect Motor (HPM) mengincar 20 persen pasar kendaraan serbaguna kecil (low multi purpose vehicle/LMPV) yang selama ini dikuasai Toyota Avanza.

"Kami menargetkan penjualan sebanyak 80 ribu atau sekitar 20 persen dari pasar LMPV tahun depan," kata Direktur HPM Jonfis Fandy, di sela-sela peluncuran Honda Mobilio, di Jakarta, Jumat (20/9).

Ia memperkirakan pasar LMPV tahun depan akan menembus angka sekitar 400 ribu unit. Menurut dia, selama ini LMPV menguasai sekitar 40 persen pasar otomotif di Indonesia. Pada Januari-Agustus tahun ini saja, penjualan mobil di segmen tersebut secara nasional telah menembus angka 300 ribu unit.

"Oleh karena itu kami ingin masuk ke segmen LMPV yang besar itu," ujar Jonfis mengemukakan alasan Honda masuk ke segmen yang selama ini dikuasai Toyota Avanza, di samping Suzuki Ertiga.

Diakuinya, Honda masuk belakangan ke segmen tersebut dibandingkan merek lain. Karena itu, kata dia, pihaknya mencoba menampilkan LMPV terbaru yang lebih baik dibandingkan merek-merek lain yang sudah ada sebelumnya, baik dari segi desain maupun kinerja mesin.

Honda Mobilio yang dirakit di Indonesia dengan komponen lokal sekitar 83 persen itu mengusung mesin 1.500 cc dengan panjang 4,3 meter dan ground clearance 185 cm.

"Kami telah melakukan survei, (mobil) apa yang dibutuhkan konsumen," ujarnya.

Ia menargetkan mobil LMPV baru besutan Honda itu, bisa menghasilkan pesanan sebanyak 2.500 unit selama ajang IIMS yang berlangsung mulai 19-29 September di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Mobil tersebut, kata Jonfis, khusus didesain dan dikembangkan di Indonesia. Oleh karena itu mobil yang diluncurkan di IIMS itu merupakan "world premier" Honda Mobilio

"Kami akan coba luncurkan (Honda Mobilio) di beberapa negara juga. Namun sekarang ini kami masih konsentrasi masuk pasar Indonesia," ujar Jonfis.

Mobil baru tersebut baru akan diterima konsumen yang membeli pada awal tahun depan. Namun pemesanan sudah bisa dilakukan pada ajang IIMS tersebut.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA