Kamis 12 Jul 2012 15:13 WIB

Daihatsu akan Kembangkan Mobil Murah dan Ramah Lingkungan

Fasilitas perakitan mobil PT Astra Daihatsu Motors tengah merakit dan menguji beberapa mobil. (Foto: Republika/Yogi Ardhi)
Fasilitas perakitan mobil PT Astra Daihatsu Motors tengah merakit dan menguji beberapa mobil. (Foto: Republika/Yogi Ardhi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akan menanamkan investasinya sebesar 300 juta dolar AS (Rp2,8 triliun) untuk pembangunan pabrik serta program mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC).

"ADM telah berkomitmen untuk membangun pabrik dengan kapasitas mencapai 400.000 unit per tahun dan siap beroperasi pada Oktober tahun ini," kata Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi (IUBTT) Kementerian Perindustrian Budi Darmadi, di Jakarta, Kamis.

Selain itu, ADM akan membangun pusat pengembangan dan penelitian di Karawang. Budi menegaskan ADM telah berkomitmen untuk turut serta dalam program LCGC yang dicanangkan pemerintah. "Kebijakan LCGC sedang dirumuskan oleh Kementerian Keuangan dan ADM telah menyiapkan model mobil LCGC," ujarnya.

Pemerintah menargetkan, penjualan mobil LCGC pada tahun pertama mencapai 100.000 unit.

"Tahun pertama produk LCGC penjualannya mencapai 100.000 unit, untuk tahun kelima penjualannya diperkirakan mencapai 400.000 unit. Berdasarkan studi pemerintah, potensi penjualan mobil LCGC mencapai 300.000 unit sampai dengan 600.000 unit," paparnya.

Budi menambahkan, setelah regulasinya keluar, diharapkan Agen pemegang merek (APM) bisa memasarkan produk LCGC sesuai dengan ketentuan pemerintah.

"Setelah regulasinya keluar, APM bisa mengeluarkan produk dan memasarkannya di pasar dalam negeri,' katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement