Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Sebanyak 14 Ribu Avanza dan Veloz Terjual, Beli Sekarang Mobilnya Datang Januari

Ahad 20 Nov 2011 19:46 WIB

Red: Stevy Maradona

Dirut PT Astra International Prijono Sugiarto, tengah bersiap-siap di sela peluncuran All New Toyota Avanza dan All New Daihatsu Xenia di Jakarta, Senin (7/11).

Dirut PT Astra International Prijono Sugiarto, tengah bersiap-siap di sela peluncuran All New Toyota Avanza dan All New Daihatsu Xenia di Jakarta, Senin (7/11).

Foto: Republika/Yogi Ardhi

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG--Baru dilundurkan pada 9 November 2011, permintaan Toyota All New Avanza dan Veloz telah menembus angka 14 ribu unit sampai pekan lalu, dengan permintaan terbesar pada seri 1.3 G.

"Sampai 14 November, permintaan All New Avanza dan Veloz telah menembus angka 14 ribu unit," kata Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Joko Trisanyoto di sela-sela uji mengendarai All New Avanza, di Padang, Sumatera Barat, Ahad.

Ia mengatakan, sebagian besar atau sekitar 30-40 persen permintaan mobil yang diproduksi di dalam negeri tersebut adalah seri 1.3 G dan permintaan Veloz menduduki posisi kedua sebesar 25 persen. "Kami tidak menyangka permintaan Veloz yang membidik pasar khusus konsumen yang senang mobil dengan gaya sporty namun tetap dengan konsep mobil keluarga cukup besar," ujar Joko.

Ia mengaku, permintaan Veloz yang cukup besar saat ini belum menunjukkan pasar yang sesungguhnya, karena biasanya konsumen hanya tertarik dengan produk baru. "Uji pasar yang sesungguhnya baru enam bulan ke depan, apakah Veloz memang masih diminati masyarakat," katanya.

Joko mengatakan, saat ini sebagian besar permintaan All New Avanza dan Veloz masih berada di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Semarang, dan Medan. Bukan daerah perkebunan ataupun pertambangan.

"Ke depan kami juga mencoba mengarahkan segmen Avanza untuk mahasiswa dan kalangan muda yang membutuhkan mobil dengan tujuh penumpang, untuk beraktivitas dengan teman-teman," kata Joko.

Ia melihat potensi permintaan Avanza ke depan akan semakin tinggi dengan munculnya variasi baru dalam jajaran All New Avanza, antara lain seri 1.3 E matik dan manual, seri 1.3 G matik dan manual, 1.5 G matik, serta Veloz 1.5 matik dan manual.

Ditambahkan GM Perencanaan pemasaran TAM, Widyawati Soedigdo, tingginya permintaan Avanza dan kemampuan pasok yang belum sesuai menyebabkan pembelian mobil tersebut harus mengalami inden (masa tunggu pengiriman) sekitar tiga bulan.

"Kalau beli sekarang kemungkinan Januari atau Februari baru menerima mobil tersebut," ujarnya. All New Avanza dan Veloz dibandrol dengan harga antara Rp148 juta sampai Rp180,4 juta per unit. Avanza merupakan mobil terlaris di Indonesia, kata dia, yang sampai Oktober lalu penjualannya telah menembus angka di atas 100 ribu unit.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA