Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Kebun Binatang Diminta Sejalan dengan Konservasi Alam

Sabtu 08 Jul 2017 00:58 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Ilham Tirta

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR Zulkifli Hasan mengimbau, pengelolaan kebun binatang harus sejalan dengan program konservasi alam. Dirinya juga meminta hewan di kebun binatang harus diperlakukan seperti di habitat aslinya, sehingga terlindung dari kepunahan.

Walaupun sekarang tugasnya tidak berkaitan langsung, Zulkifli Hasan mengaku tetap punya perhatian khusus pada konservasi. ''Koordinasi Pengelola Lembaga Konservasi Alam, Pemerintah dan Stakeholder lainnya harus seiring sejalan untuk menjaga alam Indonesia,'' ujar Zulkifli, saat menghadiri Halal bi Halal bersama Keluarga Besar Perkumpulan Lembaga Konservasi Seluruh Indonesia (PKBSI) di Jakarta, Jumat (7/7).

Apalagi, belakang banyak terjadi kasus kematian hewan di kebun binatang, baik itu di Jakarta, Bandung maupun Surabaya. Oleh karena itu, pengelolaan kebun binatang baik milik pemerintah maupun swasta mesti dilakukan dengan baik.

Zulkifli mengaku, selalu menyempatkan diri hadir dalam Halal bihalal bersama pengelola Lembaga Konservasi Alam dari seluruh Indonesia. Sejak jadi Menteri Kehutanan pada periode 2009 -2014, ia mengaku sampai sekarang selalu silaturrahim bersama PKBSI.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA