Rabu 05 Jul 2017 01:15 WIB

Terlalu Lama Duduk Sebabkan Gluteal Amnesia

Rep: reja irfa widodo/ Red: Esthi Maharani
Terlalu lama duduk di kantor juga bisa buat Anda cepat gemuk.
Foto: pixabay
Terlalu lama duduk di kantor juga bisa buat Anda cepat gemuk.

REPUBLIKA.CO.ID, MICHIGAN -- Selain resiko terkena obesitas, rematik, dan diabetes, ternyata masih ada resiko gangguan kesehatan yang disebabkan oleh aktivitas terlalu lama duduk. Gangguan itu antara lain, adanya Gluteal Amnesia atau biasa dikenal dengan gangguan mati rasanya panggul.

Sindrom ini terjadi lantaran adanya bagian otot di panggul yang tidak aktif dalam waktu lama. Terutama Otot Gluteus Medius, yang merupakan satu dari tiga otot utama di panggul. Sehingga, secara keseluruhan, panggul Anda tidak berfungsi dengan baik. Orang yang terlalu lama duduk, baik saat bekerja di kantor ataupun kala bersantai di rumah, memiliki resiko yang cukup tinggi terkena sindrom ini.

''Hal itu dapat terjadi apabila Anda duduk terlalu lama. Namun, kondisi itu juga dapat menimpa orang yang terlalu aktif, tapi tidak terlalu banyak menggerakan otot Gluteus Medius,'' ujar salah satu Physical Therapist di Michigan Medicine, seperti dikutip The Indian Express, Selasa (3/7).

Fungsi otot Gluteus Medius adalah untuk menyeimbangkan panggul. Selain dapat menyebabkan timbulnya rasa nyeri di punggung bagian bawah, gangguan Gluetus Medius dapat menimbulkan rasa nyeri di lutut dan ankle. Pasalnya, tubuh terus berusaha menyeimbangkan diri. Sayangnya, buat orang yang memiliki gaya hidup tidak teratur, maka otot fleksor akan menjadi kaku dan pendek.

Alhasil akan mempengaruhi kinerja Gluteus Medius lewat proses, yang disebut penghambatan timbal balik. Proses ini terkait hubungan antara otot di kedua sendi. ''Secara umum, saat satu otot berkontraksi, maka sinyal saraf akan dikirim ke otot satunya lagi, yang tengah berisitirahat,'' ujar Chiropractor asal Institut Kesehatan Michigan, Andrew Bang.

Otot panggul yang lemah akan membuat otot punggung bawah dan kaki untuk bekerja lebih berat. Sehingga akan membuat rasa lelah di sejumlah area di bagian bawah tubuh. Bang meningatkan, resiko gangguan ini juga dapat menimpa orang yang terlalu aktif, seperti pelari marathon ataupun pendaki gunung.

Bang pun menyarankan, selain melakukan peregangan otot di sela-sela pekerjaan, yang menuntut untuk duduk dalam jangka waktu lama, gangguan di Gluteus Medius ini juga dapat dihindari dengan olahraga ringan secara rutin. ''Seperti melakukan latihan dengan bola besar. Ataupun luangkan waktu untuk berdiri sejenak. Apapun itu, yang penting jangan biarkan tubuh Anda masuk ke dalam siklus aktivitas yang berulang-ulang,'' tutur Bang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement