Senin 03 Jul 2017 14:09 WIB

4 Alasan Minum Air Putih Bisa Turunkan Berat Badan

Rep: NOVITA INTAN/ Red: Indira Rezkisari
Air putih
Foto: wikipedia
Air putih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Jika malas olahraga, tak terlalu suka dengan sayur dan buah, sepertinya susah jika ingin menurunkan berat badan. Karena aturan dasar untuk memulai hidup sehat dan bisa menurunkan berat badan adalah dengan membiasakan diri makan sayur dan buah serta rutin olahraga agar kalori bisa dikelola dengan baik.

Tapi ada jalan menuju Roma, begitu juga jika punya tujuan menurunkan berat badan, selalu saja ada cara untuk bisa kurus, salah satunya adalah dengan minum air putih. Seperti dilansir Lifehack.org, bahwa air putih sering disebut-sebut sebagai 'cairan ajaib' yang bisa membantu menurunkan berat badan.

Salah satu penjelasan logisnya, karena air memberikan efek perut terasa penuh dan kenyang, sehingga hasrat makan pun berkurang. Ilmuwan Dr Batmanghelidj menjelaskan dalam bukunya "Anda Tidak Sakit, Anda Haus dan Obesitas, Kanker dan Depresi: Bagaimana Air Menyembuhkan Penyakit Maut ini".

Ada 4 alasan mengapa minum air putih bisa jadi alternatif sangat efektif menurunkan berat badan, antara lain :

Air Minum Mengurangi Kelaparan

Gejala tubuh yang lapar dan haus bisa sama, sulit dibedakan. Dan ketika berpikir sedang lapar, sebenarnya sedang haus. Minum air lebih banyak sebelum makan akan membuat kenyang lebih dulu sebelum benar-benar makan.

Hal ini bisa menurunkan nafsu makan, dan bisa membakar kalori lebih banyak. Sehingga rasa lapar yang Anda rasakan akan menjadi makanan, saat Anda membutuhkan kalori dan bukan hanya air.

Air Minum Tak Ada Kalori

Jika tak ingin gemuk, maka jangan makan makanan berkalori. Semua makanan dan minuman itu berkalori, kecuali air putih. Jadi jika ingin cepat langsing, minum air putih tidak akan membuatmu gemuk.

Sebaliknya, air putih akan mencegah dehidrasi yang juga akan membuat otak bekerja lebih baik. Kalori untuk otak Anda menjadi kekuatan pendorong utama untuk asupan cairan dan itu karena ada lebih banyak air di otak Anda daripada bagian tubuh Anda yang lain.

Jadi kekurangan air apa pun dirasakan oleh otak Anda terlebih dahulu. Otak Anda memiliki beberapa sumber energi potensial, glukosa adalah yang paling jelas. Tapi tahukah Anda bahwa beberapa energi berasal dari air yang melintasi membran sel? Hal ini dapat disamakan dengan energi hidroelektrik.

Sebagian dari energi otak Anda berasal dari air, ia akan meminta lebih banyak lagi ketika tubuh Anda sedikit mengalami dehidrasi. Ingat, otak Anda mengalami dehidrasi sebelum bagian tubuh Anda yang lain, karena presentase airnya lebih tinggi.

Otak Anda akan menggunakan sebagian dari energi ini dari makanan yang Anda makan untuk kebutuhan energinya, tetapi otak adalah organ kecil, jadi tidak banyak berguna. Jika Anda tidak benar-benar lapar akan kalori, sisa tubuh Anda juga tidak memerlukan makanan ini. Jadi inilah alasan lain mengapa minum air putih menurunkan berat badan.

Minum Air Bisa Membakar Lemak

Butuh banyak bahan baku untuk membakar lemak tubuh, dan salah satunya yang utama adalah air. Bersama dengan enzim lipase (enzim penghancur lemak), air akan bekerja mengubah lemak jadi energi tubuh. Tanpa air, sulit sekali mengubah lemak jadi energi.

Enzim yang disebut lipase dibutuhkan untuk memecah lemak. Jika Anda membayangkan lemak Anda seperti dinding bata, lipase adalah pahat yang menghilangkan batu bata satu demi satu. Batu bata sekarang bebas untuk bepergian untuk digunakan di sekitar tubuh dan dibakar untuk energi.

Lipase membutuhkan air dalam persediaan yang baik agar bisa bekerja dengan baik. Begini Cara kerjanya:

Lemak + Air + Lipase = Asam Lemak

Asam lemak adalah blok bangunan kecil lemak. Mereka cukup kecil untuk dilepaskan ke sirkulasi Anda dan akan dijemput oleh sel-sel di sekitar tubuh Anda yang membutuhkan energi.

Mereka dilepaskan lebih mudah saat Anda terhidrasi dengan baik. Minum air putih untuk menurunkan berat badan memungkinkan enzim memecah lemak secara efisien.

Air Minum Meningkatkan Tingkat Energi

Karena air digunakan untuk mengubah lemak jadi energi, tubuh akan otomatis lebih berenergi kebutuhan air tercukupi. Air juga digunakan untuk semua proses metabolisme tubuh dan otak. Jika tak ada air, maka tubuh tak bisa bekerja dengan baik, termasuk dalam proses menurunkan berat badan.

Bila tubuh Anda tidak terhidrasi dengan baik, air diambil dari sel Anda untuk menjaga sirkulasi Anda sampai dengan kuota penuh. Dalam hal ini sel Anda akan terlihat seperti tanaman layu. Hasil ini kurang dari tingkat energi puncak sel di seluruh tubuh Anda.

Dalam situasi ini Anda akan merasa kurang beruntung. Jika Anda tidak merasa energik, Anda tidak akan energik. Anda tidak akan bergerak sebanyak dan karena itu Anda tidak akan membakar energi sebanyak itu.

Dengan menjaga tubuh Anda terhidrasi sepenuhnya, sel Anda akan tetap berfungsi dan berfungsi pada tingkat yang lebih tinggi. Ini memberi Anda lebih banyak energi, jadi Anda tidak hanya merasa lebih baik tapi juga lebih banyak, membakar lebih banyak kalori.

Waktu yang paling penting untuk minum air adalah saat Anda bangun karena Anda akan mengalami dehidrasi saat itu. Pastikan Anda memiliki gelas sebelum meminum sesuatu yang mengalami dehidrasi seperti kafein.

Usahakan minum setidaknya 8 gelas air sepanjang hari, itu minimal 2 liter. Sebarkan secara merata sepanjang hari. Dengan meminum jumlah ini, Anda akan membiarkan otak Anda terhidrasi dan rasa lapar yang Anda rasakan akan untuk makanan, bukan air.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement