Ahad 02 Jul 2017 18:48 WIB

Lima Makanan Sehat Ini Rupanya Bisa Bikin Gemuk

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Esthi Maharani
Alpukat
Foto: flickr
Alpukat

REPUBLIKA.CO.ID, Terdapat banyak makanan yang dikira sehat tetapi ternyata berdampak buruk terhadap kesehatan. Sejumlah makanan itu disinyalir mengandung gula dalam jumlah tinggi dan kalori tersembunyi yang berpotensi menambah berat badan.

Sejumlah pakar nutrisi mengungkap beberapa makanan yang tidak sesehat yang dipikirkan orang awam. Berikut lima makanan dan minuman yang sebaiknya Anda batasi dari menu harian, dilansir dari laman Daily Star.

Alpukat

Alpukat dianggap sebagai makanan super karena fungsi antioksidan dan kandungan lemak sehatnya. Namun pakar nutrisi Cassandra Barns mengatakan buah ini sangat tinggi kalori, yaitu sekitar 250 sampai 400 dalam tiap butirnya, sehingga asupannya perlu dibatasi.

Yogurt

Periksa label di kemasan minuman yogurt karena bisa jadi ada bahan makanan tersembunyi yang bisa menambah lebar pinggul. Nutrisionis Marilyn Glenville mengingatkan agar konsumen mengecek jumlah gulanya agar tidak sampai delapan sendok teh dalam tiap botolnya.

Almond

Saat ngemil kacang-kacangan, terutama almond, tidak terasa seseorang akan memakannya berlebihan karena keenakan mengunyah. Kendali porsi sangat penting dengan ukuran optimal sekira 100 gram yang sudah mengandung sekitar 600 kalori.

Saus pasta

Saus pasta tomat memang rendah lemak jika dibuat sendiri, tetapi versi kemasan buatan pabrik pasti tinggi kandungan gula. Apalagi, jika dituangkan ke pasta putih dengan indeks glikemik tinggi yang akan berpengaruh pada penambahan berat badan.

Buah kering

Buah kering merupakan sumber gula yang sangat terkonsentrasi, bahkan bisa dua kali lipat dari jumlah gula dalam es krim. Sebagai contoh, stroberi segar mengandung enam gram gula per 100 gramnya, sedangkan stroberi kering mengandung 60 gram per 100 gramnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement