Tuesday, 16 Rajab 1444 / 07 February 2023

Driver Ojek Galang Dana untuk Penderita Stroke

Selasa 20 Jun 2017 21:00 WIB

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Ratna Puspita

Ojek daring, Gojek.

Ojek daring, Gojek.

Foto: Antara/Abriawan Abhe

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang pengendara ojek daring asal Cengkareng, Aldy Kurniawan, melakukan penggalangan dana untuk Royani. Pria yang akrab disapa Roy itu mengalami gejala stroke dan hidup sendirian.

Roy ditinggal Istrinya dan anak-anaknya sejak lima tahun lalu. "Saya tau saya cuma driver Gojek, tapi bukan berarti saya gak boleh bantuin orang. Saya mau bantuin pak Roy," kata Aldy, dilansir dari laman kitabisa.com, Selasa (20/6).

Penggalangan dana ini dapat diakses melalui laman kitabisa.com/ayobanturoy. Saat ini, kampanye Ayo Bantu Roy telah mengumpulkan dana Rp. 3.083.694 dari 20 donatur. Target pengumpulan dana, yaitu Rp 10 juta.

Aldy menceritakan pada suatu malam dia bertemu dengan Roy. Kala itu, Aldy sedang melintasi wilayah Grogol sedangkan Roy dalam perjalanan menuju Stasiun Grogol.

"Malam itu, saya melihat seorang bapak-bapak yang sedang berjalan agak picang menuju arah stasiun Grogol," kata dia.

Aldy yang hendak pulang ke Depok, Jawa Barat, mengantarkan Roy ke Stasiun Grogol. Di perjalanan, Roy bercerita bahwa dia terkena PHK dan saat ini mengalami gejala stroke.

Menurut Aldy, Roy tidak memiliki pekerjaan tetap dan bekerja serabutan. Roy juga mengontrak dan sekarang kesulitan membayar kontrakan karena belum menemukan pekerjaan.

Aksi bantu Roy ini menggandeng platform penggalangan dana online, kitabisa.com. "Setelah pulang dari kontrakan pak Roy, saya langsung buka website kitabisa dan jadilah halaman ini," kata Aldy.

Selain itu, Aldy juga menempelkan pengumuman bantuan di helmnya sehingga semua penumpangnya bisa tergerak juga untuk membantu. Menurut Aldy, uang yang terkumpul nantinya dikelola oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT).

"Yuk, bantu pak Roy. Sedikit aja rejeki yang kita punya akan sangat bermanfaat untuk pak Roy," kata Aldy.

Kampanye kitabisa.com/ayobanturoy mendapat respon positif dari netizen. Donatur yang memilih identitas anonim menuturkan ayahnya juga terkena stroke.

Dia berharap bantuannya akan membantu Roy. "Mohon doanya juga untuk kesembuhan papa saya dan pemberian ini hanya sedikit tapi semoga bisa bermanfaat.” ujar dia.

Donatur lain memuji tindakan Aldy yang membuka laman donasi di kitabisa.com. “Semangat anda adalah Insiprasi pak Roy! Dan, terima kasih Pak Aldy, anda luar biasa," kata dia.

Kitabisa.com merupakan situs penggalangan dana. Individu, komunitas, atau lembaga dapat melakukan //fundraising// atau penggalangan dana secara online. Dana yang terkumpul di Kitabisa.com telah melebihi 110 Milyar rupiah dari 312 ribu orang donatur.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA