Selasa 13 Jun 2017 17:15 WIB

Fakultas Saintek UB Paling Banyak Terima Mahasiswa Baru

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Dwi Murdaningsih
Universitas Brawijaya Malang
Universitas Brawijaya Malang

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Program Studi Sains dan Teknologi (Prodi Saintek) di Universitas Brawijaya (UB) menjadi yang paling diminati para calon mahasiswa baru. Anggapan ini muncul berdasarkan jumlah peserta yang diterima UB pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017.

Wakil Rektor Bidang Akademik UB Kusmartono menerangkan sebanyak 2.628 peserta telah dinyatakan diterima pada bidang saintek. “Dengan presentase ketetatan sebanyak 4,91 persen,” kata Kusmartono saat ditemui wartawan di Gedung Rektorat UB Malang, Jawa Timur, Selasa (13/6).

UB menjadi perguruan tinggi (PTN) yang paling banyak menerima peserta SBMPTN tahun ini. Sebanyak 4.176 peserta lulus di UB dari total 148.066 orang yang dinyatakan lolos sebagai calon mahasiswa baru di seluruh Indonesia. Dari 4.176 calon mahasiswa, Saintek meloloskan 2.268 peserta sedangkan Prodi Sosial Hukum (Soshum) sekitar 1.548 orang.

Kusmartono menilai, salah satu alasan banyaknya minat mahaiswa baru pada saintek karena jumlah prodinya. Menurut dia, jumlah prodi Saintek lebih banyak dibandingkan Soshum. Ditambah lagi, prodi kedokteran menjadi yang paling diminati di bidang saintek sedangkan soshum pada program studi akuntansi.

Di sisi lain, Kusmartono juga menerangkan, alasan mengapa UB menjadi kampus yang paling banyak menerima mahasiwa. Dia memandang, semua ini karena jumlah kuota penerimaan mahasiswa baru yang dimiliknya. “Kuota kita tinggi, maka wajar pendaftarannya juga tinggi,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement