Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

G-Dragon: Penggarapan Album Baru Lelahkan Fisik dan Mental

Senin 12 Jun 2017 07:31 WIB

Red: Ratna Puspita

G-Dragon ketika menghadiri peragaan busana koleksi Spring/Summer 2017 Haute Couture dari Desainer Chanel, Karl Lagerfeld, di Paris, Prancis, 24 Januari 2017.

G-Dragon ketika menghadiri peragaan busana koleksi Spring/Summer 2017 Haute Couture dari Desainer Chanel, Karl Lagerfeld, di Paris, Prancis, 24 Januari 2017.

Foto: EPA/CAROLINE BLUMBERG

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- K-Pop ikon, G-Dragon, meluncurkan album pertamanya setelah empat tahun pekan lalu. Album baru berjudul namanya sendiri, Kwon Ji Yong, ini menghadirkan sisi pribadi G-Dragon. 

Soompi melansir album ini dengan cepat menyita perhatian penggemar K-Pop. Pada Senin (12/6) pukul 00.30 waktu Korea Selatan, 'Untitled, 2014', lagu jagoan dalam 'Kwon Ji Yong', menempati puncak di enam tangga lagu negara itu. 

Sebelumnya, pada Jumat (10/6), G-Dragon juga sudah sukses menggelar konser pembuka tur “ACT III, M.O.T.T.E”. Setidaknya 40 ribu penggemar memadati Stadion Olimpiade di Seoul. 

Pada kesempatan itu, G-Dragon pun sempat bercerita soal penggarapan albumnya. "Sesungguhnya, banyak hal terjadi ketika saya menyiapkan album ini sehingga membuat fisik dan mental saya kelelahan," ujar dia. 

Karena itu, rapper berusia 28 tahun itu mengaku bersyukur kalau albumnya diterima publik dan berada di puncak berbagai tangga lagu. "Sangat menyenangkan mendengar kabar baik. Terima kasih kepada kalian semua sehingga saya bisa menyelenggarakan konser solo lagi," ujar dia. 

G-Dragon menambahkan waktu yang dia habiskan untuk menyiapkan album ini menjadi kesempatan untuk mengenal dirinya. "Saya menemukan hal-hal tentang diri saya, yang tidak saya ketahui atau lupakan selama ini," ujar dia. 

Seperti albumnya, G-Dragon juga mencoba menghadirkan sisi pribadinya sebagai 'Kwon Ji Yong' dalam konser itu. "Ini mungkin menjadi yang pertama dan yang terakhir," kata dia. 

G-Dragon sudah menjadi trainee di YG Entertainment sejak berusia delapan tahun. Selama bertahun-tahun, dia lebih dikenal dengan nama panggungnya dan kehidupannya sebagai bintang K-Pop. 

Hal itu membuat G-Dragon penasaran dengan dirinya yang sesungguhnya, Kwon Ji Yong. Dia menyatakan G-Dragon adalah bagian dari dirinya. Namun, dia berpendapat, nama panggung itu kerap diidentikkan sebagai penyanyi yang sangat flamboyan. 

Dia juga menyebutkan G-Dragon kerap menunjukkan gambaran yang sangat berlebihan. "Tujuan konser ini adalah menunjukkan sisi saya yang sedikit gemerlap dibandingkan saya yang biasanya," kata dia. 

Sementara itu, Billboard menyebut 'Untitled, 2014' mengejutkan karena pemimpin grup boyband, Bigbang, itu selama ini diketahui sebagai artis yang sangat berwarna. Lagu ini memiliki nada yang sangat lamban, dibandingkan lagu-lagu Kwon Ji Yong sebelumnya.

Dentingan piano balad yang sederhana dan menggungah bisa mewarnai 'Untitled, 2014'. Hal mengejutkan lainny, G-Dragon tidak ngerap dalam lagu ini. Dia bernyanyi dengan sedih tentang romantisme masa lalu (mungkin yang terjadi pada 2014). 

Lagu itu dikombinasikan dengan video musik penuh emosi. Video itu menunjukkan G-Dragon yang bernyanyi termenung dengan permainan pencahayaan. Lagu dan video ini menyajikan versi paling sederhana dan paling jujur dari G-dragon. 

sumber : Soompi & Billboard
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA