Senin 05 Jun 2017 11:58 WIB

Benarkah Air Lemon Mampu Menurunkan Berat Badan?

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Esthi Maharani
Infused water
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Infused water

REPUBLIKA.CO.ID, Air putih ditambah irisan lemon dikenal luas sebagai minuman untuk menurunkan berat badan. Beberapa selebritas seperti Gwyneth Paltrow dan Miranda Kerr bahkan mengonsumsinya. Klaim yang mendukung pendapat itu menyebut air lemon dapat membuang racun-racun dalam tubuh, mengurangi nafsu makan, dan mengakali proses pencernaan untuk membendung penyerapan lemak.

Persoalannya, air lemon tidak bekerja seperti itu. Bahkan, air lemon justru meninggalkan banyak bagian efektif dari buahnya.

Popularitas minuman itu diperkirakan bermula sejak 2008 ketika sebuah kajian dari Jepang menghubungkan zat polifenol lemon dengan penurunan berat badan. Dalam penelitian itu, para peneliti menggunakan tikus. Mereka meyakini zat polifenol mampu menstimulasi hati untuk memproduksi enzim yang dapat mencegah penyerapan lemak makanan.

Meski begitu, pakar gizi dari University of California Dana Hunnes mengaku belum ada kajian yang menunjukkan keberhasilan itu pada manusia.

Persoalan lainnya adalah air lemon berasal dari perasan buah dan tidak termasuk kulit. Sementara, tikus dalam penelitian memakan kulit lemon yang mengandung polifenol terbanyak. Meski banyak pecinta air lemon yang mencelupkan kulit buah ke dalam air, hal itu tidak sebanding dengan konsumsi tikus dalam penelitian.

Hunnes mengatakan, lemon tetap makanan yang sehat karena kaya vitamin C. Beberapa kajian menyebutkan, kadar rendah vitamin C berkaitan erat dengan obesitas. Namun, menurut Hunnes, masih terlalu jauh untuk menyimpulkan mengonsumsi banyak vitamin C dapat mencegah atau melawan peningkatan berat badan.

Ahli gizi dari klinik Cleveland Elizabeth Dejulius menyebut, air lemon bukanlah makanan mukjizat yang bisa menurunkan berat badan. Meski begitu, ia mengaku air lemon dapat membantu seseorang menurunkan berat badan secara tidak langsung.

Ia mencontohkan, rasa haus kerap disalahartikan sebagai lapar. Ia mengaku, banyak orang yang merasa air putih membosankan dan tidak enak diminum dalam jumlah banyak. Tambahan lemon ke dalam air membuat banyak orang mau minum air dan menjadi lebih terhidrasi dan akhirnya mengurangi kelaparan yang disebabkan oleh haus.

Alhasil, jika Anda suka meminum air lemon teruskanlah kebiasaan itu. Terutama jika air lemon bisa membantu Anda terhindar dari minuman yang kurang sehat. Akan tetapi, jika Anda mencari bukti ilmiah untuk menurunkan berat badan, carilah makanan lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement