Selasa 30 May 2017 14:36 WIB

7 Cara Praktis untuk Jadi Lebih Cerdas

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Esthi Maharani
cara praktis yang juga dapat meningkatkan kecerdasan seseorang
Foto: Time
cara praktis yang juga dapat meningkatkan kecerdasan seseorang

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Banyak yang mengira, untuk menjadi cerdas diperlukan sebuah upaya serius seperti mengenyam bangku kuliah dan melahap tarusan buku. Namun, dilansir dari Time pada Selasa (30/5), selain dengan cara itu, rupanya ada beberapa cara praktis yang juga dapat meningkatkan kecerdasan seseorang.

1. Cerdas bersosmed

Sosial media seakan hanya dijadikan sarana untuk melihat hal-hal yang sifatnya menghibur. Jika ingin meningkatkan kecerdasan, sempatkan juga untuk menggunakan media sosial untuk melihat konten-konten yang lebih bergizi.

2. Tulis apa yang telah dipelajari

Setelah kita mempelajari sesuatu, kemudian kita menuliskanya kembali. Rupanya, cara sederhana ini mampu mendongkrak kinerja otak kita. Hal itu akan berjalan optimal jika kita menuliskan apa yang telah kita pelajari dengan sekitar 400 kata sehari.

3. Buat did list

Salah satu kunci dari kecerdasan adalah rasa percaya diri dan kebahagiaan. Jadi, jangan hanya membuat daftar pekerjaan yang harus dikerjakan namun juga harus membuat daftar pekerjaan apa saja yang telah selesai dikerjakan. Karena, hal ini dinilai cukup mampu mendongkrak kebahagiaan dan rasa percaya diri.

4. Berteman dengan orang cerdas

Dengan berteman dengan teman yang cerdas, rupanya kita bisa tertular. Apalagi, riset membuktikan bahwa kecerdasan kita rupanya akan menyerupai dengan lima orang yang paling dekat dengan kita.

5. Jelaskan pada orang lain

Setelah mendapat suatu informasi, cobalah untuk menjelaskan informasi itu kepada orang lain. Karena, hal ini rupanya juga dapat meningkatkan kecerdasan, apalagi, jika kita berhasil menjelaskannya dengan sederhana dan mudah dipahami oleh orang lain.

Albert Einstein pun mengatakan, jika kita tidak dapat menjelaskan sesuatu secara sederhana, itu tandanya kita belum cukup memahami hal itu.

6. Belajar bahasa

Mencoba mempelajari bahasa asing rupanya merupakan cara yang cukup tepat untuk meningkatkan kecerdasan.

7. Tenangkan diri.

Ditengah sibuknya hari, sempatkan untuk duduk santai di tempat yang tenang sembari memikirkan sesuatu. Hal ini dapat memberikan waktu bagi otak untuk memikirkan sesuatu yang telah dipelajari dengan optimal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement