Selasa 30 May 2017 10:27 WIB

Memperbaiki Postur Tubuh dengan Pilates, Apakah Bisa?

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Esthi Maharani
Pilates merupakan salah satu gerakan dalam olahraga piloxing.
Foto: EPA
Pilates merupakan salah satu gerakan dalam olahraga piloxing.

REPUBLIKA.CO.ID, Bukan hal mudah untuk bisa mendapatkan postur tubuh yang sempurna. Para penari misalnya, harus menjalani berbagai latihan rutin sebelum akhirnya mendapatkan postur tubuh yang kokoh dan ideal. Menjadi penari tentu bukan satu-satunya cara untuk mendapatkan postur tubuh yang menawan. Bagi masyarakat awam yang tak bisa mendalami tari, pilates dapat menjadi pilihan tepat untuk membentuk dan memperbaiki postur tubuh.

Pilates merupakan metode latihan fisik yang diperkenalkan pertama kali oleh Joseph Pilates pada awal abad ke-20, atau hampir 100 tahun yang lalu. Sejak awal kemunculannya, Pilates telah menitikberatkan latihan pada penguatan otot perut dan otot inti atau trunk muscles melalui ratusan gerakan yang sangat spesifik.

Dengan sekali lihat, metode latihan Pilates mungkin terlihat mudah. Tetapi jarang disadari bahwa gerakan kecil dalam Pilates pun memiliki dampak untuk memperbaiki keseimbangan dan kekuatan inti tubuh.

Dosen senior di bidang terapi fisik dari Griffith University, Cherie Wells, mengatakan bahwa Pilates memiliki kemampuan untuk memperkuat hubungan antara pikiran dan otot. Hubungan yang terjalin kuat ini membantu orang-orang untuk menggunakan otot yang tepat pada inti tubuh.

"Ini akan membuat postur tubuh dan kontrol terhadap pergerakan tubuh menjadi lebih baik," terang Wells seperti dilansir Time.

Berdasarkan penelitian, Wells juga menemukan bahwa metode penguatan inti tubuh dalam Pilates memiliki dampak positif lain. Wells mengatakan latihan Pilates juga dapat mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kualitas hidup para penderita nyeri punggung bawah kronis.

Keunikan lain dari Pilates adalah metode ini lebih menyentuh aspek mental dibandingkan fisik. Alasannya, salah satu konsep Pilates adalah pemusatan atau memahami semua pergerakan yang berasal dari inti tubuh.

"Seperti yoga, Pilates adalah tentang bernapas dan fokus dan menjadi mawas terhadap pergerakan tubuh Anda," jelas associate professor dalam bidang ilmu olahraga dar University of New Mexico, Ann Gibson.

Meski terlihat mudah, kesalahan dalam melakukan Pilates sangat mungkin terjadi. Untuk menghindari berbagai kesalahan dalam melakukan Pilates, dibutuhkan guru yang kompeten untuk melatih. Peran guru yang kompeten ini setidaknya diperlukan di awal latihan Pilates.

"Hasil (yang baik) akan datang dari kelas terstruktur yang diajar oleh instruktur bersertifikat," kata Gibson.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement