Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

BUMD Bisa Diberdayakan untuk Kelola Sumber Daya Alam

Kamis 25 May 2017 09:00 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Dwi Murdaningsih

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan

Foto: ROL/Havid Al Vizki

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR Zulkifli Hasan mendukung penuh pemberdayaan peran BUMD dalam mengelola sumber daya alam di daerah. Menurutnya BUMD bisa menjadi ujung tombak daerah wujudkan kesejahteraan.

Setiap kali ketemu Kepala Daerah, Zulkifli Hasan selalu usulkan agar BUMD diberdayakan mengelola Sumber Daya Alam. Harapannya agar rakyat merasakan langsung dampak pembangunannya.

Hal tersebut diungkapkannya dalam acara Top BUMD Award 2017, di Gedung Balai Kartini, Jakarta, Rabu (24/5). Hadir di acara ini CEO dan Direktur BUMD dari seluruh Indonesia.

Zulkifli Hasan juga mendorong agar BUMD terus berbenah menciptakan budaya perusahaan yang bersih, transparan, bebas KKN dan memprioritaskan kepentingan publik

"Mengelola Sumber Daya Alam juga bukan persoalan mudah. Karena itu saya mendorong agar BUMD terus berbenah menerapkan prinsip prinsip Good Corporate Governance," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Zulkifli Hasan juga menyampaikan arah pembangunan dan perekonomian nasional sebenarnya sudah secara tegas diterjemahkan dalam UUD NKRI Tahun 1945 pasal 33 antara lain kekayaan alam dikuasai negara dan dipergunakan sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat.  

Ekonomi Indonesia, katanya disusun sebagai usaha bersama.  Jika itu semua dilaksanakan maka kesenjangan sosial akan bisa diminimalisir bahkan dihilangkan.

"Saya tegas katakan tolonglah sumber daya alam daerah biar BUMD saja yang kelola nanti akan berdampak baik untuk rakyat daerah itu," kata Zulkifli.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler