Rabu 17 May 2017 19:21 WIB

Kedatangan Enes Kanter Bantu Perkembangan Basket Indonesia

Rep: Lintar Satria/ Red: Andri Saubani
Center forwad OKC Thunder, Enes Kanter (tengah).
Foto: EPA/Jose Fajardo
Center forwad OKC Thunder, Enes Kanter (tengah).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Center forward  OKC Thunder, Enes Kanter hadir di Jakarta pada Kamis (18/5).  Enes datang dalam kaitannya dengan Enes Kanter Light Foundation’s Mission. “Pada intinya, Perbasi menyambut baik kehadiran Kanter ke Indonesia. Kami berterima kasih atas kehadirannya yang diprakarsai sekolah Kharisma Bangsa," ucap Ketua Umum Perbasi, Paul Danny Kosasih, dalam siaran pers yang Republika terima, Rabu (17/5).

Danny mengharapkan kedatangan singkat Kanter dapat memotivasi anak-anak muda Indonesia untuk bisa bermain basket lagi dengan lebih giat. Tujuannya, kata Danny, suatu saat ada pemain indonesia yang bisa berkiprah di NBA seperti Enes Kanter.

“Terima kasih juga untuk sekolah Kharisma Bangsa yang selalu memberikan kontribusi pembinaan bola basket yang sangat baik untuk indonesia. Karena seperti kita tahu anak Kharisma bangsa juga ada yang terpilih masuk timnas, Muhammad Arighi," tambah Danny.

Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA) Erick Thohir, yang juga merupakan ketua penyelenggaraan Asian Games 2018 merasa, bahwa kedatangan Enes Kanter merupakan kebanggaan untuk Indonesia. Apalagi, saat ini bola basket di Indonesia memang sedang berkembang.

Timnas Indonesia yang saat ini sedang berlaga di SEABA 2017 berhasil meraih lima kemenangan berturut-turut atas Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Myanmar. Berikutnya, Indonesia akan menghadapi Filipina pada babak round robin untuk menentukan peringkat satu yang nantinya akan melaju ke FIBA Asia.

Kehadiran Enes Kanter di Indonesia diharapkan dapat menambah semangat dan motivasi bagi para pemain Indonesia. Enes Kanter akan mengunjungi Masjid Terbesar di Indonesia yaitu Masjid Istiqlal. Dia juga direncanakan akan memberi bantuan kepada yayasan.

Enes Kanter dijadwalkan memberikan pelatihan clinic kepada Indonesia Basketball Academy (IBA) di BritAma Arena, Mahaka Square dan di sekolah Kharisma Bangsa. Kanter adalah pebasket asal Turki yang berkiprah di Utah Jazz dan Oklahoma City Thunder. Ia lahir pada 20 Mei 1992 di Zurich, Swiss. Ia memiliki tinggi 211 cm dengan berat 111 kg.

Ia menamatkan pendidikan SMA di Stoneridge Preparatory School (Simi Valley, California). Lalu melanjutkan pendidikannya di University of Kentucky. Ia masuk daftar draft NBA pada 2011 ronde pertama pilihan ketiga oleh Jazz. Kanter pernah meraih FIBA Europe Under-18 Championship MVP (2009).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement