Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

DPR Minta Aparat Bongkar Siapa Dalang Gerakan Minahasa Merdeka

Rabu 17 May 2017 17:36 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Andi Nur Aminah

Berita ancaman Minahasa Merdeka di salah satu surat kabar lokal.

Berita ancaman Minahasa Merdeka di salah satu surat kabar lokal.

Foto: Youtube

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Kharis Almasyhari meminta pemerintah dalam hal ini aparat penegak hukum mengusut dan membongkar pihak yang berada di belakang Gerakan Minahasa Merdeka. "Aparat keamanan, dalam hal ini TNI, Polri, dan BIN perlu cepat mengungkap secasa jelas siapa pihak dibelakang munculnya isu ini," kata Abdul Kharis kepada Republika.co.id, Rabu (17/5).

Menurutnya, kelompok yang menuntut referendum untuk lepas dari wilayah NKRI merupakan benih separatisme. Termasuk bila Gerakan Minahasa Merdeka ini ingin mengajukan referendum dan memisahkan diri dari NKRI.

Karena itu ia berharap benih separatisme ini harus segera disikapi pemerintah secara jelas dan tegas, sebelum akhirnya mengancam keutuhan wilayah NKRI. "Isu Minahasa Merdeka jangan sampai menular ke wilayah lain menjadi gerakan yang massif," terangnya.

Secara pribadi ia menduga isu ini memang sengaja dihembuskan oleh pihak separatis Minahasa Merdeka. Mereka memanfaatkan sentimen masyarakat yang tidak puas dengan vonis pengadilan terhadap kasus Ahok dari masyarakat di daerah.

(Baca Juga: Manado Sudah Aman dan Kondusif)

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA