Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

Indonesia Belum Terkalahkan di Kejuaraan SEABA 2017

Rabu 17 May 2017 17:07 WIB

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Andri Saubani

Pemain timnas basket Indonesia, Mario Wuysang.

Pemain timnas basket Indonesia, Mario Wuysang.

Foto: fiba.com

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA – Timnas basket putra Indonesia menang mudah dari timnas Myanmar saat kedua tim bertanding melewati hari keenam Grup A Kejuaraan SEABA 2017. Bertanding di Smart Araneta Soliseum, Manila, Filipina, pada Rabu (17/5) waktu setempat, tim kepelatihan Wahyu Widayat Jati menyapu bersih seluruh babak pertandingan.

Papan angka hasil akhir pertandingan menunjukkan skor mencolok 123-50. Indonesia menguasai empat babak pertandingan dengan mudah. Kuarter pertama, Myanmar takluk dengan skor renggang 28-15. Saat kuarter kedua, Indonesia kembali mendominasi dengan skor telak 2-87.

Pada kuarter ketiga, Myanmar memang tampak melawan permainan Indonesia. Namun, tetap takluk dengan skor 35-16. Kuartaer terakhir, upaya Myanmar mengimbangi permainan Indonesia kembali kandas dengan skor 33-11. Dari seluruh rangkain pertandingan, statistik pertadingan tentunya menunjukkan dominasi permainan Indonesia atas Myanmar.

Indonesia, menguasai perolehan dua angka sebanyak 77 persen selama pertandingan. Melihat statistik dai laman resmi FIBA, perolehan tiga angka Indonesia, sebanyak 47 persen. Berbanding jauh dari Myanmar dengan delapan persen. Myanmar lebih unggul dari angka yang didapat lewat tembakan bebas, sebanyak 75 persen. Indonesia juga mengandalkan aksi rebound, sebanyak 45 kali dan tembakan dari assist sebanyak 37 kali.

Pebasket milik Aspac Jakarta, Abraham Damar Grahita, menjadi pemimpin Indonesia kali ini dengan 19 angka bikinannya. Firman Nugroho, pemain milik CLS Knight menjadi pembuat skor terbanyak dari hasil rebound dengan catatan sebanyak sembilan kali berhasil melakukan serangan balik. Adapun Lakudu, menjadi pengumpan terbaik dalam laga kali ini dengan catatan enam kali memberikan assist.

Kemenangan dari Myanmar kali ini, membuat Indonesia belum terkalahkan dalam lima pertandingan Kejuaran SEABA 2017. Dalam empat pertandingan sebelumnya, tim basket Garuda juga mengkandaskan Vietnam, dengan skor akhir renggang 95-52. Laga lainnya, Indonesia menang dari Thailand, dengan skor akhir yang tipis 59-60.

Indonesia juga membikin kandas Malaysia, saat putaran kedua Kejuaraan SEABA dengan skor 63-42. Pertandingan pertama Indonesia, saat melawan Singapura, berakhir 71-50. Pada Kamis (18/5), Indonesia akan melakoni pertandingan berat menantang tim tuan rumah Filipina. Kedua tim, saat ini menjadi skuat terkuat yang belum terkalahkan.

Tetapi, Indonesia masih berada di atas Filipina di papan klasemen Grup A Kejuaraan SEABA 2017, dengan 10 angka dari lima kali kemenangan. Menyusul Filipina di peringkat kedua, dengan delapam angka hasil dari empat partai tanding tanpa kalah. Sedangkan Myanmar, kekalahan kali ini menambah rentetan tak pernah menang. Myanmar sudah lima kali melakoni laga dan kerap kalah.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA