Sabtu 13 May 2017 15:25 WIB

Mercedes Berhasil Atasi Persoalan Daya Cengkram di Barcelona

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton pada sesi latihan bebas kedua GP Spanyol di Sirkuit Catalunya, Jumat (12/5).
Foto: EPA/Alejandro Garcia
Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton pada sesi latihan bebas kedua GP Spanyol di Sirkuit Catalunya, Jumat (12/5).

REPUBLIKA.CO.ID, CATALUNYA—Mercedes  berhasil menyelesaikan persoalan mobil Lewis Hamilton di Grand Prix (GP) Spanyol. Hamilton menjadi yang tercepat pada latihan bebas pertama dan kedua, pada Jumat (12/5).  Ditempel oleh pemenang GP Rusia yang juga rekan setimnya Valtteri Bottas.

Pada seri GP Rusia, Hamilton mengalami kendala pada mobilnya. Ia mengeluh mobilnya seringkali kehilangan daya cengkram. Karena persoalan itu ia harus puas finis urutan keempat. 

Bos Mercedes, Toto Wolff mengatakan pada musim ini interaksi antara sasis, suspense, dan ban sangat berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Semua tim harus mempelajari ban yang cocok dipakai di setiap trek pada musim ini.

"Kami mencoba memperbaikinya, kami mencoba untuk menyelesaikan masalah yang disebabkan oleh interaksi dua kompenen dengan menyeting mobil dengan cara yang berbeda atau mengalihkan keseimbang depan dan belakang," kata Wolff seperti dilansir dari situs resmi F1, Sabtu (13/5).

Di Spanyol, pembalap asal Inggris tersebut kembali menunjukan performanya dengan catatan waktu tercepat 1 menit 20,802 detik dari 39 putaran. Di belakangnya ada Bottas yang hanya terpaut 0,090 detik. Sementara dua pembalap Ferrari Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen menempel di posisi ketiga dan empat.

Pemenang GP Spanyol tahun lalu Max Verstappen berada tercepat kelima. Pembalap Red Bull tersebut mengalahkan rekan setimnya Daniel Ricciardo di posisi keenam.

Berbeda dari Mercedes yang bisa dengan cepat menyelesaikan persoalan mobil mereka, McLaren-Honda yang sejak awal musim mesinnya bermasalah kembali harus mengalami persoalan yang sama di GP Spanyol. Mobil pembalap mereka Fernando Alonso rusak di latihan bebas pertama.

Mobil Alonso tiba-tiba melintir setelah melakukan satu putaran penuh di Sirkuit Catalunya. Kepala Mesin Honda, Yusuke Hasegawa mengatakan mobil melintir karena tekanan oli turun. Saat tim radio meminta Alonso berhenti mereka sudah terlambat, mobil Alonso sudah melintir dan mengeluarkan asap. 

Kerusakan mesin ini membuat pembalap asal Spanyol tersebut frustrasi. Ia langsung keluar sirkuit ketika mobilnya di derek keluar. "Akhir-akhir ini saya sudah bisa mengira akan mendapatkan masalah seperti ini, tapi sayangnya ini terjadi di depan fan saya sendiri. benar-benar membuat frustrasi," kata Alonso.

Namun, ia berhasil menyelesaikan satu sesi latihan bebas kedua. Tapi Alonso hanya mampu menempati urutan terakhir dengan catatan waktu 1 menit 24,077 detik. Walaupun bisa memperbaiki kerusakan mesin dan bisa menyelesaikan satu sesi Alonso masih belum puas dengan timnya. "Mesin terasa bagus, lebih lambat dari sebelumnya, luar biasa," katanya.

Hasil latihan bebas kedua GP Spanyo. (Sumber: Twitter/@F1)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement