Senin 08 May 2017 21:40 WIB

Kedubes Jepang Tawarkan Beasiswa ke Pelajar Indonesia

Beasiswa
Beasiswa

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR  -- Kedutaan Besar (Kedubes) Jepang di Indonesia menawarkan beasiswa kepada siswa-siswi di nusantara lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke universitas di negara itu.

Selain untuk menyelesaikan S-1, beasiswa juga menanggung biaya pendidikan untuk College of Technology/KOSEN (D-3) atau professional training college/SENSHU (D-2) di Jepang untuk tahun akademik 2018," kata Staf Konsulat Jenderal Jepang Sokhibi di Denpasar, Senin (8/5).

Sokhibi mengatakan, untuk mendapatkan beasiswa tersebut, setiap pelamar hanya bisa mendaftar salah satu program saja. Sebelum masuk universitas, penerima beasiswa menemouh sekolah persiapan masuk universitas pada tahun pertama kedatangannya di Jepang.

Di tahap ini, penerima beasiswa akan belajar tentang negara Jepang, Bahasa Jepang, Bahasa Inggris, matematika, ilmu pengetahuan sosial bagi jurusan IPS, dan fisika, kimia, biologi bagi jurusan IPA. "Keterangan mengenai College of Technology (KOSEN) dapat dibaca di http://www.kosen-k.go.jp/english/index.html," ujar Sokhibi.

Fasilitas yang akan didapat dari beasiswa tersebut biaya kuliah ditanggung sepenuhnya, tunjangan hidup sebesar 117 ribu yen per bulan, tiket pesawat pergi pulang Indonesia - Jepang, bebas biaya pengurusan visa pelajar dan tanpa ikatan dinas.

Masa pendaftaran tahap I berlaku mulai 2 Mei-11 Mei 2017 (hanya bagi pelamar lulusan tahun 2016 dan tahun sebelumnya, selama masih memenuhi persyaratan umur. Pendaftaran tahap II mulai 22 Mei~5 Juni 2017, khusus bagi pelamar lulusan tahun 2017 saja.

Peserta harus memenuhi persyaratan antara lain warga negara Indonesia, lulusan SMA, SMK atau sederajat, lahir antara tanggal 2 April 1996 sampai dengan tanggal 1 April 2001.

Nilai minimal rata-rata Ujian Nasional 8,4 untuk program S1, 8,0 untuk program D3, hanya terbuka untuk Jurusan IPA saja dan 8,0 untuk program D2. Untuk prosedur pendaftaran dan informasi lebih rinci dapat membaca di website Kedutaan Besar Jepang www.id.emb-japan.go.jp/sch_slta2018.html.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement