Jumat 05 May 2017 17:21 WIB

Turunkan Berat Badan dengan Alpukat, Ini Caranya

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Alpukat
Foto: flickr
Alpukat

REPUBLIKA.CO.ID, Sebagian orang yang sedang menurunkan berat badan mungkin ragu untuk mengonsumsi alpukat yang kaya akan lemak. Padahal, konsumsi alpukat dapat membantu proses penurunan berat badan menjadi lebih optimal.

Hal ini secara ilmiah diungkapkan melalui jurnal Internal Medicine Review. Penelitian yang melibatkan 29,684 orang dewasa ini menunjukkan bahwa kelompok yang mengonsumsi alpukat memiliki risiko 33 persen lebih rendah untuk mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

Tim peneliti juga mengungkapkan bahwa orang yang mengonsumsi alpukat memiliki kemungkinan 32 persen lebih rendah untuk mengalami penambahan lingkar pinggang. Diketahui, kelompok yang mengonsumsi alpukat memiliki lingkar pinggang yang lebih kecil dengan rata-rata 1,2 inchi.

Di samping itu, tim peneliti juga menemukan bahwa orang yang mengonsumsi alpukat secara rutin rata-rata memiliki berat badan lebih rendah 7,5 pon (3,5 kg). Pemakan alpukat juga memiliki rata-rata Massa Indeks Tubuh lebih rendah 1 unit dibandingkan kelompok yang tidak mengonsumsi alpukat.

Kebiasaan konsumsi alpukat juga dapat mengarah pada pola makan yang lebih baik. Dengan mengonsumsi alpukat, individu yang bersangkutan mendapat asupan serat, lemak total, lemak baik, Vitamin E dan C, folat, magnesium, tembaga dan kalium yang lebih banyak.

Di sisi lain, kelompok yang mengonsumsi alpukat juga memiliki kecenderungan untuk mengurangi asupan karbohidrat. Tak hanya itu, konsumsi gula dan sodium pun tercatat lebih rendah pada kelompok yang mengonsumsi alpukat dibandingkan kelompok yang tidak mengonsumsi alpukat.

Dewan direktur Nutrisi Hass Avocado Nikki Ford mengatakan temuan ini mengindikasikan bahwa memasukkan alpukat dalam pola makan bisa memperbaiki ukuran tubuh. Di sisi lain, konsumsi alpukat juga membantu pemenuhan kebutuhan buah dan sayur yang direkomendasikan per hari.

"Kami mendorong tenaga kesehatan profesional untuk tetap berkomitmen dalam merekomendasikan alpukat sebagai bagian dari pola makan sehat secara keseluruhan," kata Ford seperti dilansir The Indian Express.

Keunggulan lain dalam mengonsumsi alpukat secara rutin ialah meregulasi kadar insulin. Konsumsi rutin alpukat juga dapat membantu menurunkan kadar homocysteine yang berkaitan dengan risiko penyakit kardiovaskular.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement