Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Spesies Baru Semut Diberi Nama Radiohead

Jumat 28 Apr 2017 02:44 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Dwi Murdaningsih

Radiohead

Radiohead

Foto: GLIDE MAGAZINE

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Sebuah spesies semut yang baru ditemukan di sekitar kawasan hutan Venezuela dinamakan Radiohead, mengambil nama dari grup band rock alternatif asal Inggris. Pemberian nama ini merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan terhadap band yang dikenal secara luas lewat album OK Computer tersebut.

Pemberian nama itu dilakukan oleh tim dari Pusat Penelitian Semut di Washington’s Smithsonian Institution. Sebelumnya, tim tersebut memang telah menemukan tiga spesies baru semut di sekitar pedalaman hutan Venezuela saat tengah melakukan pengumpulan data. Salah satu dari spesies baru tersebut dinamakan Sericomyrex radioheadi.

Penamaan ini memang disengaja oleh tim peneliti tersebut. ''Kami ingin menghormati musik mereka. Tapi, yang terpenting, kami ingin memberikan penghargaan atas usaha-usaha konservasi yang telah mereka lakukan. Terutama dalam isu-isu soal perubahan iklim,'' kata salah satu peneliti, Ana Jesovnik, seperti dikutip Sciencefocus, Kamis (27/4) waktu setempat.

Secara harfiah, Sericomyrmex berarti semut sutra. Spesies ini biasa hidup di tempat lembab dan dikenal memiliki kekerabatan dengan semut pemakan daun. Pada awal masa hidupnya, semut Radiohead memiliki tubuh berwarna putih dan tembus pandang seperti kristal.

Sebenarnya ini bukan pertama kali spesies baru hewan dinamakan dari nama grup band atau musisi. Sebelumnya, sebuah spesies baru udang dinamakan Synalpheus Pinkfloydi. Nama ini diambil dari nama band asal Inggris, Pink Floyd.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA