Jumat 07 Apr 2017 18:32 WIB

Tak Terkalahkan, Kevin/Gideon Menangi Laga 'Final Dini'

Pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Gideon Marcus Fernaldi.
Foto: PBSI
Pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Gideon Marcus Fernaldi.

REPUBLIKA.CO.ID, KUCHING -- Aksi pasangan ganda putra unggulan empat, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Gideon Marcus Fernaldi, benar-benar membuat decak kagum. Di babak perempat final, Kevin/Gideon memenangi laga ketat melawan unggulan lima dari Cina, Li Jinhui/Liu Yuchen, Jumat (7/4). Sehingga menjadi wakil pertama Indonesia yang lolos ke babak semifinal.

Gim pertama, Kevin/Gideon belum menemukan pola permainan terbaiknya. Beberapa kali Kevin/Gideon melakukan kesalahan sendiri. Li/Liu juga tidak memberikan bola-bola lurus di depan net yang menjadi keunggulan Kevin/Gideon. Li/Liu mencuri gim pertama dengan mudah, 7-21.

Kevin/Gideon berupaya untuk memulai melakukan serangan lebih dulu sejak awal gim kedua. Mereka mampu membuat kedudukan ketat hingga 3-3. Namun Li/Liu masih menguasai jalannya pertandingan dengan unggul 4-7, 6-9 dan 8-11 di paruh gim kedua.

Usai jeda, Kevin/Gideon sempat menyamakan kedudukan dengan 11-11 dan 12-12. Li/Liu tetap melanjutkan dominasinya dengan unggul 12-14 dan 14-17. Saat kedudukan itu, Kevin/Gideon mencuri tujuh angka beruntun dan memaksakan pertandingan berjalan rubber game dengan 21-17.

Di gim yang menentukan, Li/Liu tetap unggul dalam perolehan angka dengan 3-8 dan 6-11. Namun perlahan-lahan, Kevin/Gideon mengejar ketertinggalannya dengan 12-14 dan menyamakan kedudukan dengan 16-16 dan 17-17.

Kevin/Gideon tidak membiarkan pasangan Cina untuk kembali berkembang dan terus menekan dengan serangan-serangannya. Kevin/Gideon berhasil mencuri empat angka beruntun dan pengembalian bola yang melebar dari Liu Yuchen membuat kemenangan diraih Kevin/Gideon.

Pertandingan ini bisa disebut sebagai laga 'final dini' untuk kedua pasangan. Pasalnya dua pasangan ini menempati top rangking di sektor ganda putra. Li/Liu kini berada di peringkat satu dunia, sedangkan Kevin/Gideon berada di peringkat dua dunia.

Kemenangan ini juga membuat keunggulan rekor pertemuan menjadi milik Kevin/Gideon dengan 2-1. Pertemuan terakhir kedua pasangan terjadi di babak final All England 2017 lalu yang dimenangkan Kevin/Gideon.

Kevin/Gideon juga hingga saat ini belum terkalahkan di tahun ini. Kevin/Gideon baru turun di pertandingan resmi pada tahun ini saat di turnamen All England 2017 yang kemudian mereka menjadi juaranya. Setelah itu mereka juga menjadi juara di turnamen India Open Super Series 2017 dan kini mengikuti turnamen Malaysia Open Super Series Premier 2017.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement