Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

Suzuki Indonesia Hadirkan Pembalap dan Motor Baru untuk SAC 2017

Ahad 02 Apr 2017 00:38 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Angga Indrawan

Suzuki dengan wajah baru untuk SAC 2017.

Suzuki dengan wajah baru untuk SAC 2017.

Foto: suzuki

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Suzuki Indonesia yang memegang gelar juara Suzuki Asian Challenge (SAC) dua kali berturut-turut (2015, 2016) kembali ikut serta dalam ajang balap tingkat Internasional ‘Suzuki Asian Challenge 2017’ melalui 3 pembalap muda baru yang siap mempertahankan prestasi terbaik menggunakan motor balap terbaru Suzuki GSX-R150. Suzuki Asian Challenge 2017 akan diselenggarakan sebanyak 5 putaran dan tergabung dalam kalender balap Asia Road Racing Championship (ARRC) 2017.

Tahun ini Suzuki Asian Challenge 2017 akan diikuti oleh 16 orang peserta dari 9 negara, yaitu Indonesia, Filipina, Thailand, Malaysia,  Australia, Sri Lanka, Nepal, India dan Jepang. Tim Suzuki Indonesia yang dikomandoi PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) sendiri akan mengikutsertakan 3 pembalap baru yang telah terpilih melalui proses seleksi menggunakan produk terbaru Suzuki GSX-R150, yaitu Nur Al Fath Sam Ahmad, Chepy Arrmansyah Suryadi  dan Ahmad Saugi.

Sebagai ronde pembuka di musim 2017 ini, Suzuki Asian Challenge 2017 diadakan di Johor Circuit, Malaysia pada tanggal 1 – 2 April 2017 . Guna mempersiapkan diri menghadapi lawan-lawan dari negara lain, ketiga pembalap Tim Suzuki Indonesia telah menyelesaikan tes pra-musim dengan baik pada pertengahan Maret lalu. 

Sebagai ajang Internasional perdana bagi ketiga pembalap Indonesia, hasil tes yang diperoleh tergolong memuaskan karena pada tes hari pertama dan kedua, Al Fath sanggup menempati posisi 3 besar pembalap tercepat secara keseluruhan. Padahal semua hal yang telah dilakukan merupakan hal baru bagi Al Fath, baik motor GSX-R150 versi SAC, lintasan sirkuit maupun persaingan antar pembalap, namun dirinya sanggup percaya diri memaksimalkan kemahirannya.

Sebagai perwakilan divisi balap PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Robert Satrio mengungkapkan strategi dan target tahun ini. Menurut dia, tiga pembalap Indonesia yang diikutsertakan pada Suzuki Asian Challenge 2017 ini sangat berpotensi mendominasi setiap putaran balap SAC. 

"Tahun ini dengan motor baru Suzuki GSX-R150, kami yakin bisa tampil lebih cepat dan menonjol dibandingkan negara-negara lain. Semoga selain menjadi langganan juara di Asia, karir ketiga pembalap Indonesia bisa menjadi inspirasi bagi pembalap-pembalap lain di Indonesia untuk berkarir menggunakan Suzuki GSX-R150 guna berrkompetisi di kejuaraan regional maupun Nasional," kata Robert dalam keterangan pers kepada Republka pada Sabtu (1/4).

Berbeda dari penyelenggaraan Suzuki Asian Challenge tahun 2016 lalu yang menggunakan All New Satria F150 sebagai pacuan balap, tahun 2017 ini penyelenggara telah menyediakan model pacuan balap terbaru yaitu Suzuki GSX-R150. Motor yang diproduksi di Indonesia ini telah dimodifikasi oleh Team Kagayama sebagai penyelenggara Suzuki Asian Challenge 2017 dengan sederet ubahan ringan guna menyesuaikan kompetisi yang diadakan. 

Mengingat Suzuki GSX-R150 sudah memiliki potensi sebagai motor balap dalam kondisi standar, maka ubahan yang dilakukan pun hanya pada sektor bagian luar mesin, antara lain gear set, muffler, ban, kaliper dan kabel rem depan, stabilizer kemudi, hand grip, footstep dan chain guard. Perubahan tersebut dinilai mampu memberikan kontribusi tambahan bagi kepercayaan diri para pembalap. Mesin bertenaga besar dan bobot motor yang ringan menjadi modal dasar yang cukup kuat untuk menjadikan GSX-R150 sebagai motor balap sejati.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA